Microsoft kini tersenyum puas dengan pencapaian mesin consolenya, Xbox, dengan keberhasilannya memecahkan rekor penjualan dalam sejarah console tersebut di 2021 lalu.

Fakta tersebut terungkap pada laporan keuangan Microsoft di 25 Januari 2022 lalu, dengan keuntungan $16.28 milyar (sekitar 235.4 trilyun Rupiah) di akhir 2021, mengalahkan rekor sebelumnya di 2020.

Bila dibandingkan dengan rekor sebelumnya di 2020, penjualan console di 2021 meningkat sebesar 63.3%, penjualan game naik 17.7%, dan penjualan konten serta service naik sebesar 8.8%.

Jumlah tersebut sebenarnya bisa lebih tinggi, bila persediaan console di pasaran bisa lebih banyak seperti yang diungkapkan oleh Phil Spencer selaku pimpinan Microsoft Gaming.

Permintaan akan console membludak di 2021 untuk kedua console, Xbox dan Playstation, tetapi krisis ketersediaan komponen akibat pandemi membuat kedua perusahaan pembuat console tidak bisa memproduksi lebih banyak mesin.

See also  Nintendo Switch Dapatkan Game Eksklusif PS4 Dengan Konten Baru

Berita ini memperlihatkan semakin tingginya posisi Xbox di dalam persaingan console, dan kemampuan Microsoft untuk membeli Activision Blizzard memberi tamparan untuk Sony supaya semakin agresif dalam langkah bisnisnya.(*)

Sumber: Dot Esports