Turnamen Counter-Strike Global Offensive (CSGO) kelas dunia PGL Stockholm Major 2021 dikejutkan oleh pernyataan Valve, yang terapkan aturan lebih ketat terkait pelatih di lapangan pertandingan.

Menurut pernyataan baru dari Valve, setiap pelatih di lapangan tidak boleh bersentuhan langsung dengan pemain dan berteriak, kecuali pada masa time out.

Aturan baru yang diterapkan setelah babak Challengers Stage berakhir di turnamen yang berlangsung di Stockholm tersebut, langsung menuai reaksi beragam.

Ada yang menentang aturan tersebut, berargumen bahwa saat ini pelatih sudah diberikan aturan ketat terkait interaksi dengan pemain, tidak perlu dipersulit lebih jauh lagi.

Sedangkan sisi yang mendukung beranggapan bahwa aturan tersebut bisa kembali memberikan integritas pada turnamen CSGO, yang ditoreh oleh skandal pelatih yang menggunakan glitch spectator beberapa waktu lalu.

Glitch tersebut memberikan pelatih akses untuk melihat lapangan permainan secara keseluruhan, dan juga posisi serta pergerakan pemain lawan.

Kasus tersebut berakhir dengan dihukumnya lebih dari 30 pelatih dari beberapa tim esports profesional CSGO.(*)

Sumber: Dot Esports