Ajang Game Prime 2021 yang digelar oleh Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Baparekraf) menghadirkan berbagai macam game menarik dari para pengembang game Tanah Air. Di antara game-game yang dipamerkan di Game Prime 2021, ada satu judul game mobile menarik, yakni Tales of Phi.

Tales of Phi adalah sebuah game mobile untuk platform Android dan iOS buatan studio game Seraph Game Studio. Yang menarik dari game ini adalah kemampuan menggabungkan dua hal yang sebelumnya dianggap berseberangan, yaitu belajar dan bermain.

Lebih spesifik lagi, belajar matematika yang jadi subjek utama dengan apik digabungkan ke dalam interaksi yang menyenangkan pada video game mobile bergenre Turn-based Role Playing Game (RPG). Singkat kata, Tales of Phi menjadi salah satu cara belajar matematika melalui game yang berlatar dunia fantasi dipenuhi monster bernama Mathland.

 

William Putra Sera, Chief Executive Officer dan Founder Seraph Game Studio mengatakan, “Menjadi kebanggan tersendiri bagi kami untuk bisa ikut memeriahkan ajang Game Prime 2021. Melalui game Tales of Phi, kami ingin memberikan game yang tidak hanya menghibur, tapi juga sekaligus menjadi sarana para gamer untuk belajar matematika yang mungkin selama ini menjadi mata pelajaran paling tidak disukai. Sama seperti bisnis, hal yang unik dan tidak banyak digunakan di kompetitor lainnya pasti mempunyai marketnya sendiri, begitu juga dengan Tales of Phi, di mana kami berharap dapat diterima dengan baik oleh masyarkat Indonesia.”

“Sama seperti bisnis, hal yang unik dan tidak banyak digunakan di kompetitor lainnya pasti mempunyai marketnya sendiri ” tambah Michael julianto, Komisaris utama Seraph Game Studio.

Cara inovatif untuk melatih kemampuan berhitung

Tales of Phi berlatar di dunia fantasi Mathland, lansekap yang ditinggali oleh lebih dari 150 monster dengan desain yang unik dan kemampuan berhitung yang akan menguji para pemain game ini.

Pemain akan dibawa ke progresi cerita dan serangkaian level untuk mengontrol monster-monster Math Guardian yang menempati Mathland sepanjang petualangan.

Setiap monster Math Guardian yang ditemui memiliki kemampuan matematika yang berbeda, mulai dari plus atau penjumlahan, minus atau pengurangan, multiply atau perkalian, dan divide atau pembagian.

Semakin jauh progresi cerita dan level, tingkat kesulitan matematika untuk mengontrol monster Math Guardian sepanjang jalan pun akan semakin sulit yang tentunya akan menguji pemain jadi lebih pintar berhitung.

Karakter, monster, dan lansekap dunia yang apik dijelajahi

Pada Tales of Phi, 10 tahun sudah berlalu sejak pertempuran besar antara Nemesis dan 5 naga legendaris yang berhasil memenangkan pertempuran dan mengembalikan kedamaian di Mathland.

Kejadian besar inilah yang membuat penduduk Mathland mendirikan Math Academy untuk melatih murid menjadi berpengetahuan dan mampu mengendalikan monster Math Guardian.

Di Math Academy, tersebutlah 4 karakter yang jadi fokus utama di game Tales of Phi, yaitu Phi, Beth, Professor Integral, dan Vector.

Phi adalah tokoh yang akan dimainkan di sini. Dikisahkan, Phi adalah karakter yang memiliki potensi kemampuan yang besar, akan tetapi terhambat oleh kemalasannya. Phi didampingi oleh salah satu naga legendaris yang mengalahkan Nemesis di pertempuran besar Mathland 10 tahun lalu, bernama Binary Emperon.

Selain Binary Emperon, ada beberapa naga legendaris lain yang akan ditemui sepanjang progresi cerita dan level, tentunya dengan menguji kemampuan berhitung pemain yang bertingkat kesulitannya dari waktu ke waktu.

Tales of Phi menyajikan grafik 2D dengan gaya cat air yang halus dan apik dipandang, diharapkan memberi dampak familiaritas dan nostalgik untuk tiap pemain yang tertantang menguji kecepatan berhitungnya.

 

Mekanisme dan fitur permainan

Math Guardian adalah monster yang memiliki klasifikasi, yang dimulai dari D (common), C (uncommon), B (rare), A (super rare), dan S (ultra rare).

Elemen permainan di Tales of Phi mengadaptasi sistem tempur RPG, yang dilengkapi dengan indikator HP (Health Point), SP (Special Point), TIME (batas waktu tempur), ATK (Attack Damage), dan tipe perhitungan seperti pertambahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian yang berpengaruh ke damage.

Mekanisme pertempuran di Tales of Phi adalah turn-based, di mana pemain akan berhadapan dengan monster secara 1 vs 1. Monster yang dimiliki pemain akan mengeluarkan serangan setelah pemain berhasil menjawab pertanyaan matematika dengan benar.

Dalam menjelajahi level, pemain akan dibantu dengan indikator pada peta. Pemain juga bisa mengunjungi fitur Shop untuk belanja beragam power-up menggunakan gold atau gem.

Ensiklopedia monster bisa dilengkapi oleh pemain dengan imbalan gem, dengan cara mengoleksi monster Math Guardian sebanyak-banyaknya.

Saat ini, studio game Seraph sudah merencanakan 3 Season yang akan semakin memperkaya pengalaman bermain, kompleksitas karakter, dan soal-soal matematika yang lebih beragam, menantang, tapi tetap menarik untuk diselesaikan.

Tales of Phi adalah game mobile yang menawarkan alternatif menyenangkan untuk melatih kemampuan berhitung untuk siapa saja, dengan tingkat kesulitan bertahap sebagai proses belajar natural.