Concurrent User merupakan parameter yang mampu menunjukkan popularitas platform atau game, karena ia menunjukkan berapa banyak pemain yang bermain di waktu bersamaan; dan Steam baru saja memecahkan rekor baru di Januari 2022 ini.

Platform Steam berhasil memecahkan rekornya sendiri sebagai platform game dengan Concurrent User terbanyak di Januari 2022, yaitu lebih dari 28,2 juta pemain bermain bersamaan, seperti yang dilaporkan oleh SteamDB.

Tampaknya platform game pesaingnya, seperti Epic dan Origin, tidak menjadi ancaman serius untuk Steam, dan rekor tersebut mengalahkan catatan Steam sendiri, yang mencetak rekor di Januari 2021 dengan 25,4 juta pemain.

Menariknya, tingginya jumlah Concurrent User di Steam disumbangkan oleh pandemi Covid-19, yang memaksa gamer untuk lebih banyak tinggal di rumah ketika liburan dan bermain game online.

Ketika rekor tersebut dipecahkan, game yang paling banyak dimainkan adalah Counter-Strike: Global Offensive, Dota 2, PUBG, Apex Legends, dan Grand Theft Auto V.

Dengan begitu banyaknya game besar yang menjadi waiting list gamer di 2022 dari platform Steam, seperti Elden Ring dan Dying Light 2, rasanya rekor tersebut akan kembali digeser dengan jumlah pemain yang lebih tinggi tidak lama lagi.(*)

Sumber: Dot Esports