Soulcops, perusahaan startup pengembang IP berbasis di Jakarta kini menjadi perusahaan pengembang NFT pertama asal Indonesia yang akan hadir di platform metaverse yang sedang dibangun WIR Group. Kolaborasi strategis antara Soulcops yang didirikan dan dikembangkan oleh anak-anak muda Indonesia, dengan PT WIR Asia Tbk (WIR Group) – perusahaan berbasis teknologi AR/VR dan AI, ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman antara Robby Wahyudi, Perwakilan Soulcops dengan Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer, WIR Group di Jakarta (18/4).

Robby Wahyudi mengatakan, “Indonesia memiliki kualitas sumber daya yang luar biasa dan selama ini banyak berkontribusi dalam pengembangan game-game di dunia dan di Soulcops kami membangun dan mengembangkan game NFT yang dapat mengusung ciri khas Indonesia, dan seluruhnya dikerjakan talenta muda Indonesia. Melalui kolaborasi kami dengan WIR Group yang sudah berpengalaman sejak 2009 di bidang virtual reality dan augmented reality, kami berharap dapat menghadirkan game NFT di metaverse dan siap bersaing dengan game-game yang sudah ada,” ujarnya.

“Kami melihat peluang yang besar bagi game NFT berbasis blockchain yang saat ini makin populer di antara para gamers di mana penggemar Game NFT di Indonesia nantinya dapat menikmati permainan game Soulcops Encrypted di platform metaverse yang sedang dibangun WIR Group,” tutur Robby.

Kolaborasi ini juga memungkinkan digunakannya karakter-karakter NFT dalam Soulcops Encrypted di dalam platform metaverse yang sedang dibangun WIR Group secara bebas. “Karakter-karakter yang ada di Soulcops Encrypted tentunya dapat digunakan sebagai avatar di platform metaverse dan hal itu merupakan suatu kebanggaan bagi kami,” papar Robby Wahyudi.

Kami melihat faktor WIR Group sebagai pengembag platform metaverse memberikan semangat dan kekuatan bagi kami untuk mengembangkan game dalam platform metaverse. Kami juga optimis dapat memproyeksikan Soulcop dimainkan tidak hanya di Indonesia, tetapi juga di pasar global. Kami melihat animo pasar global cukup besar,” kata Robby Wahyudi.

Menurut Robby Wahyudi, animo para penggemar NFT tergambar saat Soulcops merilis NFT yang dijual melalui OpenSea mendapat sambutan yang baik dimana sekitar 50%-60% dibeli oleh kolektor di luar Indonesia. ”Melalui pencapaian tersebut serta didukung kerja sama dengan WIR Group, kami optimis game NFT seperti Soulcops Encrypted dapat menarik minat gamer baik dari dalam maupun luar negeri,” kata Robby Wahyudi.

“Kami memilih WIR Group sebagai mitra kerja sama karena memiliki rekam jejak yang positif yang didukung oleh reputasi dan kredibilitas WIR Group sebagai pengembang AR/VR dan AI di sejumlah negara yang telah terbukti,” lanjut Robby Wahyudi.

Sementara, Gupta Sitorus, Chief Marketing Officer WIR Group menjelaskan “Platform metaverse yang kita bangun ini merupakan kontribusi dari kami yg telah berkarya di bidang AR (Augmented Reality), VR (Visual Reality) dan AI (Artificial Intelligence) sejak 2009.”

“Platform metaverse yang kami kembangkan merupakan kontribusi anak bangsa, dengan menjunjung nilai-nilai kebhinekaan dan bertujuan memberikan dampak positif bagi masyarakat Indonesia, terutama bagi generasi muda agar mampu berkreasi secara mandiri dan berkesinambungan.

Hadirnya industri berteknologi tinggi seperti Soulcops Encrypted di platform metaverse yang sedang dibangun WIR Group memang sangat potensial, karena pada dasarnya semua sektor industri memiliki potensi pengembangan di metaverse, namun industri yang akan cepat beradaptasi dan masuk ke metaverse adalah industri yang telah mulai mengadopsi serta mengimplementasikan teknologi digital dalam layanannya.

“Industri kreatif di segmen game seperti Soulcops Encrypted yang pengembangnya didukung teknologi digital tentunya akan sangat mudah untuk masuk dan beradaptasi dengan platform metaverse yang sedang kami bangun,” ujar Gupta.

Bagi WIR Group, masuknya perusahaan berbasis teknologi seperti Soulcops ke dalam platform metaverse akan mendorong WIR Group untuk terus melakukan berbagai inovasi dan kreativitas dalam pengembangan metaverse untuk berbagai sektor industri dan segmen.

“Kami optimis untuk dapat mendukung dan mengembangkan segmen gaming NFT yang dikategorikan dalam sektor industri kreatif, berkaca pada keunggulan-keungulan kompetitif yang kami miliki antara lain posisi kami sebagai salah satu pengembang teknologi AR terdepan di Indonesia dan Asia Tenggara,” ujar Gupta.

Kolaborasi ini juga nantinya akan memperkaya dan melengkapi ragam sektor yang bergabung di dalam ekosistem platform metaverse yang sedang dibangun oleh WIR Group setelah pendidikan, keuangan & perbankan, UMKM, retail, properti dan lainnya. Sektor-sektor ini telah membuka ruang bagi adopsi dan penerapan teknologi digital yang akan mendukung terwujudnya perekonomian digital di masa depan menuju web 3.0 dengan langkah mantap.

Kedepannya Gupta berharap bahwa platform yang sedang digarap ini bisa menjadi bagian dari ekosistem platform metaverse yang lebih besar dan bisa disejajarkan dengan platform metaverse negara-negara lain.