Playstation VR merupakan salah satu perangkat VR yang sangat sukses ketika diluncurkan pada 2016 lalu, dan kini Sony kembali menggarap perangkat tersebut dengan mengumumkan Playstation VR2 di pameran CES 2022.

Kehadiran Playstation VR2 (PS VR2) tentu saja diikuti dengan begitu banyak upgrade bila dibandingkan dengan pendahulunya, terutama dari sisi teknologinya.

Pada PS VR2, kualitas layar yang ada di dalam perangkat meningkat jauh karena menggunakan OLED, yang mampu menghasilkan resolusi 2000 x 2040 untuk setiap sisi mata.

Bukan hanya tinggi kualitas gambarnya saja, PS VR2 juga memberikan frame rate 90/120hz, supaya pemainnya tidak mengalami pusing dan mual ketika sedang bermain.

Menariknya, pada badan PS VR2 disediakan beberapa kamera untuk mendeteksi posisimu di dalam ruangan, supaya kamu tidak terbentur ketika bermain, dan juga mendeteksi posisi controller.

Hal ini merupakan peningkatan besar dibandingkan PS VR pertama, yang membutuhkan kamera terpisah untuk mendeteksi posisi pemainnya.

See also  Fortnite Crew Pack Januari 2022 – Snow Stealth Slone Skin

Kecanggihan lain di dalam perangkat VR tersebut adalah adanya teknologi pendeteksi arah mata, sehingga nantinya game akan bisa mengetahui ke arah mana matamu melihat di dalam permainan, dan juga memberikan fitur yang mendukungnya.

Guna mendukung PS VR2, Sony juga mengumumkan controller khusus, bernama PS VR2 Sense Controller, yang memiliki bentuk baru dibandingkan pendahulunya, dan juga menggunakan teknologi haptic feedback dan adaptive trigger seperti pada controller DualSense PS5.

Saat ini masih belum diumumkan kapan perangkat VR tersebut akan hadir di tengah gamer dunia, dan rasanya kehadirannya nanti akan membuka pengalaman bermain VR yang lebih nyaman untuk gamer Playstation.(*)

Sumber: Dot Esports