Sony, perusahaan gim konsol PlayStation telah patenkan pengontrol khusus untuk bermain gim di smartphone, mirip seperti Nintendo Switch.

Paten ini pertama kali ditemukan platform Video Game Chronicles, dan paten baru-baru ini diajukan oleh cabang Sony Interactive Entertainment di Jepang, dokumen tersebut merincikan perangkat keras yang sesuai untuk kedua sisi perangkat, menggunakan layar sebagai tampilan di tengah. Ini terlihat seperti Nintendo Switch, atau Backbone One yang sangat populer di kalangan pengguna iPhone.

Paten menunjukkan Sony saat ini sedang melihat desain yang terinspirasi DualShock, daripada yang didasarkan pada DualSense PS5. Desainnya sendiri terdiri dari “bagian pegangan sisi kiri dan bagian pegangan sisi kanan, yang dipegang oleh tangan kiri dan kanan pengguna”. Pada bagian tengahnya akan terdapat smartphone pengguna, kedua pegangan akan dihubungkan “akan ada bagian poros yang dapat dimiringkan oleh pengguna, dan mendeteksi arah kemiringan dan jumlah kemiringan bagian poros” – kemungkinan memungkinkan fitur gyroscopic di aplikasi seluler.

See also  Developer Game Di Ukraina Dan Rusia Ditahan Uangnya Oleh Steam

Dalam hal aplikasi praktis, perangkat keras ini dapat digunakan untuk memungkinkan pengguna memainkan gim PlayStation melalui fungsi Remote Play konsol, atau menyalurkannya melalui cloud (ala Xbox Cloud Gaming).

Jika Sony serius ingin mendorong perusahaan seperti PlayStation Now untuk bersaing dengan kekuatan Xbox Game Pass dan Cloud Gaming yang dipasarkan dengan baik, perangkat ini bisa menjadi salah satu cara yang cukup baik bagi perusahaan Jepang untuk memulai.

Hal ini sangat masuk akal jika Sony ingin memperluas lebih banyak ke mobile game; dalam sebuah wawancara pada bulan Oktober, Jim Ryan sebagai CEO Sony, berkomentar bahwa dia ingin gim PlayStation “dinikmati oleh audiens yang hampir tak terbatas”. Mendobrak batasan ruang tamu atau kamar tidur dan langsung ke tangan pemain tentu sesuai dengan ideal ini.

Kami telah mendengar bahwa PlayStation ingin membawa Uncharted, God of War, dan lebih banyak gim lagi ke smartphone, dan Ryan sendiri secara eksplisit mencatat bahwa smartphone akan menjadi alat yang digunakan Sony untuk memper luas jangkauan PlayStation di masa depan.

See also  Rumor Batman: Arkham Collection Akan Hadir di Nintendo Switch

“Kami telah memikirkan tentang bagaimana para pemain menikmati konten kami dan telah mencapai beberapa kesuksesan awal dengan bereksperimen dengan game dan aplikasi smartphone untuk memberikan lebih banyak pilihan kepada para gamer,” katanya dalam wawancara yang disebutkan di atas. “Smartphone hanyalah salah satu area yang kami jelajahi untuk menjangkau jutaan gamer di luar platform kami.” lanjutnya.

Ryan mengatakan bahwa Sony sedang mencoba menjajaki pasar smartphone, “Kami sedang menjajaki pasar seluler dengan beberapa waralaba PlayStation yang luar biasa, jadi tetap ikuti perkembangannya,” ujar dia.