PlayStation Exclusive ditutup dan dihapus dari penjualan. Untungnya bagi pengguna PS4 dan PS Vita, sementara server game ini benar-benar dimatikan, beberapa game ini belum dihapus dari penjualan di semua wilayah. PlayStation semakin ditentukan oleh anggaran besar, eksklusif profil tinggi. Di PS4, ini sudah termasuk game seperti Bloodborne, God of War, Marvel’s Spider-Man, Ghost of Tsushima, The Last of Us Part 2, Uncharted 4: A Thief’s End, dan Horizon: Zero Dawn. Ini hanya PS4 exclusive yang dibuat atau diterbitkan oleh PlayStation. Ada juga exclusive pihak ketiga, seperti Persona 5 dan Final Fantasy 7 Remake. Tidak semua PS4 exclusive memiliki kualitas agung ini. Ada juga game seperti Grand Kingdom, yang memiliki penonton, tetapi tidak memiliki bobot yang sama. Dikatakan, itu kehilangan pemirsa apa pun yang dimilikinya tujuh tahun setelah dirilis.

See also  PlayStation Studios Mengakuisisi Valkyrie Entertainment, co-developer di Balik God of War

Minggu ini, Spike Chunsoft mengumumkan bahwa server game di Jepang ditutup pada 29 Maret, tiga tahun setelah server barat ditutup. Konon, meski game ini tetap tersedia di PlayStation Store di barat, game itu ditarik dari penjualan di Jepang pada 28 Februari.

Mengapa game tersebut dihapus dari penjualan di Jepang dan bukan di barat, kami tidak tahu. Bisa jadi karena hukum di Jepang versus di tempat lain. Ini juga bisa menjadi pertanda dari apa yang akan datang, yaitu, ada kemungkinan beberapa game juga akan dihapus dari penjualan di barat dalam waktu dekat. Jika ini adalah rencananya, Spike Chunsoft tidak menyampaikannya. Dikatakan, mengingat game ini diterbitkan di barat oleh NIS America — yang belum pernah mengatakan sedikit pun tentang semua ini — mungkin tidak akan.

Grand Kingdom adalah permainan role-playing taktis yang kembali populer pada tahun 2015 melalui PS4 dan PlayStation Vita, tetapi hanya di Jepang. Game itu tidak datang ke barat sampai tahun berikutnya. Sebagai penerus spiritual dari Grand Knights History 2011, tidak jelas bagaimana kinerjanya secara komersial. Apa yang kami ketahui adalah bagaimana kinerjanya secara kritis, mengumpulkan skor Metacritic 76 dan 78, tergantung pada platformnya.

See also  Final Fantasy 7 Remake Dari PS Plus Dapatkan Upgrade Ke PS5

 

(Sumber: Comic Book)