Berita mengenai Playstation 5 revisi baru yang dirilis secara diam-diam memberikan harapan baru, terutama bagi calon pembeli yang belum kebagian. Pasalnya, console tersebut lebih ringan dan memiliki sekrup stand yang bisa diputar dengan tangan.

Namun siapa sangka kalau ternyata ada bagian dalam yang diubah di Playstation 5 revisi baru tersebut. Hal ini ditemukan oleh Youtuber Austin Evans, yang membeli mesin console tersebut di Jepang dan membongkarnya.

Mulanya dia curiga karena bobot console yang berkurang hingga 300g. Ternyata dia menemukan ukuran heatsink yang lebih kecil di sana bila dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Heatsink adalah pelat besi yang menempel di prosesor, dan berfungsi untuk mendinginkan mesin ketika dinyalakan. Tanpa adanya heatsink maka prosesor akan terlalu panas dan mati.

Jadi perubahan ukuran heatsink di Playstation 5 baru ini tentu saja mengubah suhu yang dihasilkan ketika bermain. Menurut pengukuran Austin Evans, setidaknya ada kenaikan suhu sebesar 3 derajat Celcius bila dibandingkan dengan versi sebelumnya.

Meskipun ukuran heatsink mengecil, Sony menggantinya dengan ukuran kipas pendingin yang lebih besar. Ini pula tampaknya yang membuat mesin versi baru ini meminta daya Watt yang sedikit lebih besar.

Perubahan ini tampaknya berhubungan dengan keputusan Sony untuk tidak lagi menjual rugi Playstation 5, seperti yang dilakukan perusahaan ini ketika merilis mesin console generasi baru tersebut.

Apakah perubahan ukuran heatsink ini akan memengaruhi performa dari game yang membutuhkan frame rate tinggi, masih belum diketahui. Sebab semakin tinggi frame rate maka terlihat langsung pada kemulusan tampilan game ketika dimainkan.(*)

Sumber: Kotaku