Sony mengumumkan bahwa pemain PS5 sekarang akan dapat memutar musik melalui layanan streaming Apple, mirip dengan apa yang sudah ditawarkan Spotify di PlayStation dan Xbox. Hal ini menjadikan PS5 sebagai konsol game pertama yang mendapatkan dukungan Apple Music, setelah sebelumnya dikabarkan bahwa layanan tersebut mungkin akan segera hadir di konsol game.

Pengguna PS5 yang telah berlangganan Apple Music dapat menikmati lebih dari 90 juta lagu dari Apple Music, puluhan ribu playlist, video musik dalam 4K, Apple Music Radio streaming, klasik, country live, dan playlist yang dipersonalisasi berdasarkan pada preferensi musik pengguna.

Tidak hanya itu, pengguna juga dapat mendengarkan musik di latar belakang dan video musik yang dapat diputar di latar belakang. Saat pemutar meminimalkan pemutaran video musik di Apple Music, audio akan terus diputar di latar belakang dan saat dilanjutkan, audio dan video akan digabungkan dengan mulus untuk pemutaran tanpa gangguan.

Apple Music terintegrasi dengan rapi dalam UI PlayStation 5, hal itu dapat diakses melalui Pusat Kontrol atau Control Center dengan menekan tombol PS pada DualSense controller. Aplikasi ini dapat menemukan rekomendasi berdasarkan game yang dimainkan.

Cara menggunakan Apple Music di PS5:

  1. Pilih All Apps’ dari beranda media.
  2. Buka Apple Music dan pilih Unduh.
  3. Buka aplikasi Apple Music.
  4. Daftar atau Login dengan memasukkan detail akun Anda.
  5. Ikuti petunjuk di layar untuk menautkan akun Anda.

Apple Music saat ini hanya tersedia untuk PlayStation 5 dan PlayStation 5 Digital Edition. Belum ada informasi apakah layanan streaming musik dari Apple akan tersedia untuk konsol PlayStation 4. Seperti yang disebutkan, juga belum ada konfirmasi apakah Apple Music akan menuju ke konsol Xbox juga.

Source: PlayStation Blog