Peserta turnamen Dota 2 kelas dunia, The International 10, yang datang lebih cepat dan mengikuti bootcamp diberitakan terpapar Covid-19.

Setidaknya ada beberapa orang dari dua tim yang akan mengikuti turnamen tersebut, yaitu dari Team Aster dan Invictus Gaming dinyatakan positif hasil tesnya ketika mengikuti bootcamp.

Pada Team Aster, ada tiga pemain yang terjangkit yaitu Du “Monet” Peng, Lin “Xxs” Jing, Ye “Borax” Zhibiao serta pelatih mereka Cheng “Mad” Han; dan saat ini mereka sedang menjalani isolasi mandiri.

Sedangkan pemain dari Invictus Gaming, Thiay “JT-” Jun Wen, mengalami demam pada 29 September lalu, dan tim ini menyatakan mereka tidak terkena virus tersebut ketika tiba di Bucharest, Rumania yang merupakan lokasi The International 10 akan dilangsungkan.

Saat ini masih belum diketahui sebesar apa klaster penyebaran Covid-19 di bootcamp turnamen kelas dunia tersebut.

Salah satu anggota tim dari Team Aster juga mengkritik longgarnya pencegahan Covid-19 serta standar prosedur operasi di sekitar hotel tempat peserta bootcamp menginap.

Menurut penuturannya, semua kebutuhan serta pengetesan harus disediakan oleh tim sendiri, dan lingkungan sekitar hotel tidak menerapkan protokol kesehatan di tengah merebaknya angka penularan Covid-19 di Rumania.

Apakah masalah kesehatan tersebut akan memengaruhi jalannya The International 10 yang akan berlangsung mulai 7 Oktober 2021 masih belum diketahui.

Namun yang pasti, tim yang akan mengikuti turnamen tersebut mendapatkan peringatan dini akan adanya klaster di bootcamp, dan bisa mengambil langkah untuk menjaga anggota timnya.(*)

Sumber: Esports.net