Sebagai wadah yang menaungi seluruh kegiatan yang berkaitan dengan olahraga esports di Indonesia, Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) yang didirikan pada tahun 2020 kemarin telah menorehkan banyak prestasi dan mewujudkan berbagai aspirasi yang menjadikan ekosistem esports di Indonesia lebih baik dari sebelumnya.

Meski menghadapi tantangan luar biasa, dampak dari pandemi COVID-19, PBESI berhasil memperluas kepengurusan ke seluruh wilayah Indonesia, menyelenggarakan berbagai kompetisi dan ekshibisi esports dalam berbagai skala, serta merampungkan regulasi mengenai pelaksanaan kegiatan yang berhubungan dengan esports di tanah air.

Oleh karena itu, Asosiasi Olahraga Elektronik Indonesia atau Indonesian Esports Association (IESPA) sebagai salah satu kontributor dalam perkembangan industri esports nasional, secara resmi menginduk ke PBESI sebagai satu-satunya lembaga yang menaungi esports sebagai cabang olahraga prestasi dan berada langsung di bawah Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) serta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) selaku otoritas kegiatan olahraga di Indonesia.

See also  Garuda Pro Series: PUBGM Ladies - Buka Kesempatan Tim Ladies Unjuk Gigi

Sebelumnya, esports merupakan bagian dari olahraga rekreasi dan masyarakat dan kini dengan adanya PBESI, esports diakui secara resmi oleh pemerintah sebagai olahraga prestasi. Hal tersebut menjadikan esports semakin inklusif dan tidak hanya untuk kalangan tertentu.

Pengindukan IESPA kepada PBESI ini juga menunjukkan adanya keselarasan dan keharmonisan antara visi dan misi dari masing-masing lembaga dalam membina, membangun, dan mengembangkan ekosistem esports nasional secara keseluruhan, baik dari segi rekreasi, kompetisi, maupun prestasi.

Bapak Bambang Sunarwibowo selaku Ketua Harian PB Esports Indonesia menyambut baik pengindukan IESPA ke PBESI ini yang menurutnya dapat mengoptimalkan potensi esports di Indonesia.

“PBESI menyambut baik komitmen pengindukan IESPA ke PBESI. Hal ini tentunya merupakan kabar baik yang akan menghasilkan sinergi untuk mendorong perkembangan ekosistem esports di Indonesia. Kami berharap sinergi dan kolaborasi antara kedua lembaga ini dapat merealisasikan potensi olahraga esports di setiap wilayah Indonesia dengan lebih merata.” ujarnya.

See also  ChowH1 Bawa Pulang $100 Ribu Dari Turnamen Warzone SoloYolo

Acara serah terima ini diadakan di Gandaria 8 Office Tower lt. 26 dan dihadiri oleh Ketua Harian PBESI Bambang Sunarwibowo, Sekretaris Jenderal PBESI Frengky Ong, Ketua Bidang Umum PBESI Chandra Sukotjo, Ketua Umum IESPA Ibnu Riza, Ketua Dewan Pembina IESPA Diaz Hendropriyono, dan Sekretaris Jenderal IESPA Diana Sutrisno, serta kru media, dengan mematuhi protokol kesehatan yang berlaku.

Informasi lengkap mengenai acara serah terima ini dapat dilihat pada akun media sosial Official PB ESI.