Iklim pro gamer Counter-Strike Global Offensive (CSGO) memiliki aturan yang sangat ketat, terutama untuk menghadapi kecurangan pemainnya. Namun tampaknya beragam hukuman tidak juga membuat pemainnya takut.

Seperti kejadian yang terjadi baru-baru ini; Esports Integrity Commission (ESIC) menjatuhkan hukuman ban selama lima tahun untuk tiga player pro CSGO. Putusan tersebut dijatuhkan akibat mereka mengatur hasil pertandingan di ESEA Season 35: North America.

Pengaturan pertandingan atau match fixing terjadi ketika pemain dari kedua tim yang beradu telah mengatur siapa yang akan menang. Sifat yang menjatuhkan jiwa sportivitas esports tersebut sangat dikecam dan diancam dengan hukuman berat.

Bermodalkan rekaman, transkrip, dan beragam bukti lain, ESIC menjatuhkan hukuman lima tahun larangan mengikuti turnamen esports pada Sebastian ‘retchy’ Tropiano dan Kevin ‘4pack’ Przypasniak. Sedangkan orang ketiga yaitu Carson ‘nosraC’ O’Reilly mendapatkan ban selama 111 hari.

Ternyata tidak hanya berhenti sampai ketiga pemain itu saja, ESIC juga sedang melakukan 34 penyelidikan tambahan kepada pihak terkait lainnya. Jadi bisa saja akan semakin banyak pihak yang terseret ke dalam masalah tersebut.

Melalui larangan mengikuti pertandingan tersebut, ketiga pemain tidak bisa ikut serta ke dalam event yang dilaksanakan oleh anggota organisasi ESIC, seperti ESL, DreamHack, BLAST, WePlay, Relog Media, dan LVP. Organisasi esports lain juga diminta kerjasamanya untuk mengikuti ban dari ESIC tersebut.(*)

Sumber: Esports Insider