Portal Mode yang ada di dalam Battlefield 2042 merupakan wadah yang menarik, karena memberi pemain kesempatan untuk membuat mode permainannya sendiri; dan ada pemain yang menggunakannya untuk membuat game battle royale.

Melalui bantuan Portal Mode tersebut, pengguna Reddit dengan handle name u/chbmg memperlihatkan mode battle royale yang mereka buat, dengan nama “Warfield 100,” dengan fitur yang mirip dengan Call of Duty: Warzone.

Bahkan mereka membuat pre-game lobby seperti pada game battle royale lain, yang memberi pemain kebebasan untuk bermain melawan pemain lain dengan menggunakan senjata acak, sementara sesi permainan terisi dengan pemain lain.

Karena pembuatnya tidak bisa membuat pesawat untuk menerjunkan pemain ke area permainan, pemain akan spawn acak di langit dan terjun menggunakan parasut dengan bersenjatakan pistol dan granat.

Sedangkan untuk loot senjatanya, pembuat game ini harus lebih pintar mengakalinya, karena Battlefield 2042 tidak memberikan kebebasan untuk menempatkan senjata di tanah dan menukar senjata yang digunakan oleh pemain seperti pada game battle royale.

Untuk itu, pemain yang sampai ke dekat posisi loot akan diberikan pesan yang muncul di layar dengan tulisan “on-loot,” dan pemain harus menekan tombol jongkok sebanyak tiga kali untuk mengambil loot senjata acak tersebut.

Bukan soal loot saja yang perlu diakali, bahkan lingkaran arena permainan yang semakin mengecil ala battle royale juga harus dibuat lebih kreatif, yaitu dengan menggunakan deretan AI Player yang di-highlight berwarna merah mengelilingi area permainan.

Ketika pemain mati, ia akan dikirim ke area ala gulag di Warzone untuk kembali ke permainan, dan pemain bisa mati hingga empat kali dengan jumlah kill untuk kabur dari gulag akan bertambah setiap kalinya.

Mode battle royale abal-abal di Battlefield 2042 tersebut ternyata disambut positif oleh pemain game tersebut, dan pembuatnya menambahkan akan terus berusaha untuk memperbaiki Warfield 100.(*)

Sumber: IGN