Nintendo kembali beraksi untuk melindungi propertinya, dengan menyerang youtuber yang membagi musik game milik perusahaan game tersebut.

Tidak main-main, dalam sehari youtuber GilvaSunner menemukan ada 1300 copyright block untuk musik dari console Nintendo yang ada di kanalnya, yang artinya semua uploadnya akan hilang.

Ternyata bukan kali ini saja youtuber tersebut dihantam oleh Nintendo, karena ia mengalami hal serupa pada 2020 lalu dan membuatnya harus membersihkan semua musik yang telah dia bagi.

Langkah ini tentu saja sah bagi Nintendo, mengingat musik game adalah hak intelektual perusahaan pembuatnya, dan penggunaan tanpa izin dapat dihukum sesuai undang-undang.

Masalahnya, Nintendo sama sekali tidak memberikan alternatif untuk fans Nintendo mendengarkan musik tersebut melalui streaming, seperti Spotify, terutama untuk musik lawas.

Sedangkan GilvaSunner sendiri tidak mengambil keuntungan dari musik yang diunggah di kanalnya, dan sebenarnya bisa masuk ke dalam aturan Fair Use di platform Youtube yang membolehkan kanal menggunakan musik copyright bila tidak mengambil keuntungan.

See also  Bungie Bawa Kasus Klaim Copyright Youtube Palsu Ke Pengadilan

GilvaSunner sendiri merasa Nintendo berhak untuk melancarkan blok tersebut karena musik tersebut adalah milik mereka, tetapi berharap perusahaan game raksasa tersebut berbaik hati untuk membagi musik gamenya di platform streaming musik berbayar seperti Spotify.(*)

Sumber: Kotaku