Steam Deck telah resmi hadir dan Valve berharap ini akan mengguncang tidak hanya dunia game konsol genggam tetapi juga cara orang menggunakan dan memainkan game PC karena sekarang mereka dapat melakukannya saat bepergian. Nintendo Switch kini telah menjual lebih dari 103 juta konsol, bukan jumlah yang ingin ditandingi oleh Steam Deck, tetapi masih cukup menakutkan untuk melawan sekelas Nintendo.

Ternyata Nintendo mungkin sedikit terintimidasi juga. Bukan karena Steam Deck dianggap akan mengambil alih penjualan Switch, tetapi karena orang-orang meniru game Nintendo di konsol tersebut. Seperti yang disorot oleh dex3108 di ResetEra, video yang diposting oleh Phawx di YouTube menunjukkan seberapa baik Deck dapat meniru game Nintendo, namun telah dihapus karena alasan hak cipta.

Bulan lalu Gary Bowser dijatuhi hukuman penjara karena meretas konsol Switch dan Nintendo berterima kasih kepada FBI atas pekerjaan mereka dalam kasus ini.

See also  Roblox Selip Halo Infinite Dalam Daftar 5 Game Teratas yang Paling Banyak Dimainkan di Xbox

Menggunakan Steam Deck untuk meniru game Nintendo hampir tidak mungkin dilacak. Phawx hanya ketahuan karena mereka membagikan cuplikan video tentang tampilannya dan berusaha mengajari orang lain cara meniru game Nintendo di Steam Deck. Sebanyak mungkin Nintendo mencoba menghentikan orang-orang yang menggunakan Deck untuk meniru game Nintendo. Apa yang dapat mereka lakukan adalah dengan cepat menghapus video “tutorial” –bermainĀ game Nintendo di Deck– sehingga pengguna Deck yang mengetahui cara emulasi semakin sedikit.

 

(Sumber: The Gamer)