Ketika pemerintah China sahkan regulasi untuk membatasi jam main game online untuk anak di bawah umur 18 tahun, timbul beragam kontroversi terutama dari media luar negara tersebut.

Ternyata pemerintah China menganggap aturan tersebut belum ketat dan kali ini keluar regulasi baru yang lebih mencengangkan.

Kini semua anak berumur di bawah 18 tahun hanya boleh bermain game online selama 3 jam saja per minggunya, yaitu Jumat, Sabtu, dan Minggu selama 1 jam per hari. Bila ada hari libur nasional, maka anak-anak diperbolehkan untuk bermain selama 1 jam.

Pemerintah juga memberikan pengawasan khusus kepada penyedia game online, dan mengharuskan semua penggunanya memasukkan identitas sesuai kartu penduduk. Dari sana akan terlihat konsumsi jam main anak-anak dan orang dewasa.

Perubahan ini tentunya sangat drastis, mengingat sebelumnya anak-anak diperbolehkan bermain selama satu setengah jam tiap harinya. Alasan dari langkah ekstrim ini adalah tingginya kecanduan game online di kalangan anak di bawah 18 tahun.

Dengan adanya ketegasan dari pemerintah China tersebut, tampaknya negara tersebut ingin meningkatkan kualitas anak-anak usia sekolahnya di bidang akademis. Apakah langkah ini akan kembali menuai kecaman lebih keras, tinggal ditunggu saja.(*)

Sumber: Dot Esports