Pertandingan esports memang selalu menarik untuk disimak, tetapi siapa sangka bahwa ada turnamen di Indonesia yang paling banyak ditonton di dunia pada Agustus lalu.

Fakta tersebut terkuak ketika Esports Charts memperlihatkan data terbaru mengenai jumlah penonton turnamen esports secara online di dunia.

Data yang dikumpulkan selama Agustus lalu memperlihatkan Mobile Legends: Bang Bang Professional League (MPL) Indonesia 2021 season 8 menjadi yang terbanyak penontonnya, mengalahkan penonton turnamen lain.

Peningkatan yang sangat tinggi terlihat ketika pertandingan antara RRQ Hoshi dan EVOS Legends, dengan jumlah penonton melebihi 1,7 juta penonton.

Turnamen season 8 dari MPL Indonesia tersebut masih akan berlangsung hingga Oktober kelak, dan terus memperlihatkan tren peningkatan penonton.

Urutan kedua dari data yang dikumpulkan oleh Esports Charts adalah liga League of Legends di Korea dengan puncaknya sebanyak 1,3 juta penonton, ketika pertandingan final antara T1 dan DWG.KIA, yang juga menjadi rekor untuk LCK sendiri.

See also  PS Plus Siapkan Tiga Game Gratis Menarik Pada September 2021

Sedangkan peringkat ketiga adalah European LoL League dengan jumlah penonton 843 ribu penonton, ketika G2 dan Fnatic bertanding.

Tingginya penonton MPL ID Season 8 tersebut memperlihatkan begitu tingginya minat viewership akan esports berbasis mobile saat ini.(*)

Sumber: Esports Charts