Home ESPORTS MLBB Kembali Menghadirkan MPL Season 5, Gelaran Esports Termegah dengan Ekosistem Terbaik

MLBB Kembali Menghadirkan MPL Season 5, Gelaran Esports Termegah dengan Ekosistem Terbaik

Moonton akan kembali menggelar Mobile Legends: Bang Bang Professional League Indonesia (MPL ID) untuk Season 5. MPL ID S5 akan digelar mulai dari bulan Februari hingga April 2020. Akan ada 8 Tim yang akan bertanding di season 5 kali ini, Tim tersebut adalah: ALTER EGO ESPORTS, Aura, Bigetron Alpha, EVOS Legends, Geek Fam ID, Genflix Aerowolf, ONIC Esports, dan RRQ. 8 tim ini akan memperebutkan total hadiah lebih dari IDR 4 miliar rupiah. Sebagai komitmen MPL untuk memberikan akses lebih untuk bisa menyaksikan laga pertandingan. MPL ID S5 akan disiarkan di beberapa live stream platform seperti Facebook, Nimo TV dan Youtube. Selain itu MPL juga dengan bangga mengumumkan bahwa setidaknya 16 pertandingan selama season 5 akan disiarkan langsung di Eslhinta TV.

MPL ID dan esports MLBB sendiri meraih sejumlah penghargaan di tahun 2019. Pada Indonesia Gaming Award yang digelar di EXGCon 2019 kemarin dan melibatkan total vote sebesar 25000, sejumlah kategori yang terkait dengan MLBB dan esports-nya pun meraih kemenangan. Berikut ini adalah penghargaan terkait MLBB yang diterima saat Indonesia Gaming Award: • Most Favourite Tournament Of The Year: MPL Indonesia • Most Favourite Game Of The Year: Mobile Legends Bang Bang • Most Favourite Team of the Year: RRQ • Most Favourite Player Of The Year: Lemon RRQ

Selain meraih penghargaan di dalam negeri, MLBB dan ekosistemnya juga mendapatkan penghargaan di tingkat internasional. Menurut Esports Charts, MLBB juga menjadi meraih penghargaan di 2 kategori: • Most Popular Esports Categories. MLBB jadi satu-satunya game mobile di kategori ini, bersanding dengan game-game PC seperti League of Legends, Fortnite, CS:GO, dan Dota 2. • Most Popular Esports Teams. Divisi MLBB dari ONIC Esports jadi salah satu dari tiga tim esports paling populer, bersanding dengan divisi League of Legends G2 Esports dan Fnatic.

Grand Final MPL Indonesia Season 4 juga bahkan mencetak rekor untuk online peak concurrent viewers sebesar 250,000 hanya di Facebook saja dan lebih dari 20,000 pengunjung yang hadir memadati Tennis Indoor Senayan, GBK.

Hal ini bisa tercapai berkat kecintaan dan ambisi besar para gamer MLBB untuk terus mengasah diri menjadi yang terbaik dan naik ke panggung kompetitif paling bergengsi di Indonesia, MPL ID. Ajang kompetitif yang dinamis dan ekosistem esports yang stabil adalah 2 hal yang membedakan MPL ID dengan gelaran esports lainnya di Indonesia. Lucas Mao, MPL Indonesia League Commissioner, mengatakan, “MPL dan Moonton merasa bangga bisa berkembang bersama-sama dengan setiap entitas esports Indonesia dalam membentuk ekosistem yang lebih matang dari tahun ke tahun. MPL

Indonesia adalah persembahan terbaik kami kepada setiap gamers dan fans esports MLBB, ataupun para pejuang esports Indonesia. Pada Season 5 kali ini, kami akan fokus pada memaksimalkan user experience, baik itu para penonton ataupun para pemain.”

Membuat ekosistem/industri esports Indonesia yang semakin dewasa memang menjadi salah satu misi dari Moonton. Karenanya, mulai MPL ID Season 4 kemarin, Moonton pun mengubah sistem turnamen jadi berbasis investasi. Hal ini dirasa berhasil karena semua pihak yang terkait di dalamnya jadi kian profesional dalam mengemban tugasnya masing-masing. Selain itu, dengan sistem turnamen yang lebih dewasa, ekosistem esports MLBB juga berhasil membuka sekian banyak lapangan kerja baru demi menjamin kesuksesan MPL ID.

realme, yang jadi salah satu sponsor MPL Indonesia Season 5, juga memberikan komentarnya terkait turnamen ini. “Hari ini, kami sangat senang mengumumkan kolaborasi kami dengan MPL Season 5 sebagai sponsor resmi dari turnamen Mobile Legends paling bergengsi di Asia. Dalam setahun, realme telah meluncurkan smartphone yang trendi dan berspesifikasi tinggi di kelasnya untuk memberikan pengalaman gaming yang mendalam di berbagai segmen harga. Seluruh seri smartphone realme merupakan perangkat terbaik untuk para MPL fans serta untuk mendorong potensi gamer-gamer muda Indonesia agar mereka bisa menjadi pemain MPL profesional yang bertanding di turnamen Mobile Legends: Bang Bang. Kemitraan ini juga menandai langkah besar kami dalam esports, terutama untuk mendorong industri mobile gaming serta gamer muda dan potensial untuk menikmati pengalaman gaming yang lebih baik melalui produk kami. Terakhir, semoga sukses untuk ke semua 8 tim profesional MPL Season 5. Terus berjuang untuk kemenangan, sdampai jumpa di babak Playoff,” kata Palson Yi, Marketing Director realme Indonesia.

Kolaborasi yang dilakukan oleh realme dan MPL didasari oleh semangat yang sejalan untuk memajukan industry teknologi dan gaming di Indonesia. Baik realme dan MPL merupakan merek yang mudan, trendi, dan agresif dalam hal mengejar tujuan masing – masing. Nilai – nilai tersebut sangat tercermin dari produk yang realme luncurkan, tak diragukan lagi, relame berhasil menyediakan smartphone untuk gamer dengan skill tinggi yang ingin mengembangkan dirinya menjadi pemain professional.

Mobile Legends: Bang Bang Developmental League (MDL) dan Mobile Legends: Bang Bang Campus Championship (MLCC)

Meski masih mengusung tim peserta yang sama, ada perbedaan besar antara MPL ID S5 dan musim sebelumnya. Perbedaan besar itu ada di Mobile Legends: Bang Bang Developmental League (MDL) ID Season 1. MDL merupakan salah satu upaya dari Moonton untuk membentuk ruang regenerasi untuk talenta-talenta esports baru di segala lini — baik dari sisi pemain ataupun manajemen.

Mengingat regenerasi memang bukan tugas yang mudah, Moonton juga menambahkan satu gelaran kompetitif baru di 2020 ini yang ditujukan untuk kalangan mahasiswa. Mobile Legends: Bang Bang Campus Championship (MLCC) adalah upaya Moonton untuk memberikan ruang kompetitif ke tingkat grassroot melalui ekosistem kampus. ###