Home News Minecraft RTX Telah Hadir dengan Real-Time Ray Tracing dan NVIDIA DLSS 2.0...

Minecraft RTX Telah Hadir dengan Real-Time Ray Tracing dan NVIDIA DLSS 2.0 (versi beta)

Kolaborasi Minecraft RTX membawa angin segar terhadap penggemar game terlaris sepanjang masa satu ini. Versi beta Minecraft RTX dilengkapi dengan visual tracing ray dan akan segera diluncurkan tepat jam 12 dini hari, Jumat 16 April 2020. Pemain bisa mengunduh secara gratis versi beta dan merasakan update makeover terbaru yang lebih realistis dengan NVIDIA DLSS 2.0.

Minecraft adalah salah satu game terlaris di dunia yang memiliki jutaan pengguna aktif. Pada April 2020, kolaborasi Minecraft dan RTX mengumumkan akan meluncurkan beta Minecraft RTX dengan untuk Windows 10. Versi beta Minecrat RTX dilengkapi dengan teknologi visual tracing-ray. Dengan Minecraft RTX ini, gamers akan mendapatkan pengalaman yang lebih real di dunia ciptaan Minecraft masing-masing. Mulai dari bayangan dan pencahayaan yang lebih realistis, serta pewarnaan yang cerah akan melengkapi game ini.

“Kami bekerja sama dengan Mojang Studios untuk menghadirkan tracing ray generasi terbaru dan teknologi AI ke dunia Minecraft. Ternyata hasilnya benar-benar luar biasa, ”kata Jeff Fisher, Wakil Presiden Senior NVIDIA Gaming. “Komunitas Minecraft sangat antusias dengan kehadiran RTX, sehingga kami pun tak sabar untuk melihat ciptaan-ciptaan apa saja yang akan mereka hasilkan dari teknologi ini,” Jeff Fisher menambahkan.

Peluncuran versi beta Minecraft RTX Windows 10 jatuh pada hari Kamis, jam 10 pagi waktu Pasifik. Artinya di Indonesia pemain Minecraft bisa mengunduhnya mulai hari Jumat, jam 12:00 WIB yang pertepatan saat tengah malam. Jadi, pemain sudah bisa mengunduh versi beta secara gratis dengan segala update teknologi visual terbaru serta NVIDIA DLSS 2.0.

NVIDIA sudah menyiapkan 6 dunia Minecraft terbaru di Minecraft Marketplace yang bisa diunduh secara gratis oleh pemain. Di sini kalian bisa merasakan perbedaan antara dengan dan tanpa penerapan real time ray tracing.

“Evolusi besar Minecraft ditandai dengan kehadiran Minecraft RTX ini,” kata Saxs Persson, Franchise Creative Director of Minecraft di Microsoft. “Inti dari Minecraft biasa adalah membangun menggunakan balok. GPU GeForce RTX mengubah dunia Minecraft menjadi lebih realistis, dilihat dari tambahan efek pencahayaan yang mendekati dunia nyata, efek bayangan, refleksi, pembiasan dan masih banyak tool kit untuk membangun.” Saxs Persson menambahkan.

Ray Tracing Real Time Hadir di Minecraft

Setelah berkerjasama, akhirnya NVIDIA, Microsoft dan Mojang Studios sebagai pihak pengembang Minecraft, berhasil menambahkan bentuk ray tracing yang dikenal sebagai path tracing untuk versi Windows 10 dari game MInecraft.

Path tracing mensimulasikan pengangkutan cahaya ke seluruh adegan. Ini menyajikan model yang sudah bergabung dengan perkitaan jatuhnya cahaya, sesuai dengan efek yang berbeda-beda. Penerapan ini dipisahkan dengan menggunakan renderer raster atau render hybrid.

Penerapan yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut.

  • Pencahayaan langsung dari matahari, langit, dan berbagai sumber cahaya
  • Bayangan pekat yang realis dan bayangan realistis yang soft
  • Pencahayaan emisif dari permukaan, seperti: kilau batu dan lava
  • Penerangan global
  • Refleksi air dan permukaan logam
  • Bahan transparan seperti kaca patri, reflesi air dan es dan pembiasan
  • Kabut volumetrik dan poros cahaya

Ray tracing ditambahkan ke Minecraft dengan menggunakan Microsoft DirectX 12 Ultimate yang sesuai dengan standar industry API. GPU NVIDIA GeForce RTXTM adalah satu-satunya GPU dengan core ray-tracing khusus yang memungkinkan game memiliki pencahayaan yang nyata/real.

Sistem Terbaru Physically Based Rendering (PBR) untuk Meterial yang Realistis

Blok bangunan Minecraft kembali di-upgrade menggunakan property dan material yang sama seperti yang ada di dunia nyata. Teknik ini dikenal sebagai rendering berbasis fisik atau physically-based-rendering (PBR).

Sistem PBR ini mampu merealisasikan sifat cahaya yang ada pada material, mulai dari tekstur kasar, kedalaman, dan logam yang dikombinasikan dengan tracing ray untuk menerapkan efek pencahayaan seperti pantulan, pembiasan, transparansi, dan penerangan global yang memungkinkan pemain untuk menciptakan dunia Minecraft.

Enam Dunia Minecraft Terbaru untuk Dimainkan, Dibangun dan Dijelajahi

Untuk merayakan peluncuran versi beta Minecraft RTX, NVIDIA bekerja dengan beberapa creator berbakat Minecraft untuk menciptakan enam dunia Minecraft terbaru untuk para pemain untuk menunjukkan efek dramatis yang dihasilkan dari ray tracing serta tekstur PBR dalam game. Para creator berbakat ini terpilih setelah meninjau kontribusi mereka di komunitas Minecraft yang menghasilkan ciptaan yang menawan.

“Apa yang diperkenalakan Minecraft RTX dalam game adalah hal yang sangat mengejutkan,” kata RazzleberryFox, CEO di Razzleberries yang menjadi mitra pendiri dan pemimpin industri di Minecraft Marketplace. “Tampilan Minecraft yang ditambahkan dengan dimensi ini menghasilkan visual yang luar biasa. Hak ini kembali menghidupkan kreativitas kolektif para creator untuk terus menciptakan dunia baru, serta pengalaman baru yang luar biasa untuk Minecraft yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan.”

Enam dunia baru Minecraft bisa diunduh secara gratis dari Minecraft Marketplace dan in- game. Enam dunia baru Minecraft adalah sebagai berikut:

  • Aquatic Adventure RTX oleh Dr_Bond
  • Warna, Cahaya dan Bayangan RTX oleh PearlescentMoon
  • Crystal Palace RTX oleh GeminiTay
  • Imagination Island RTX oleh BlockWorks
  • Neon District RTX oleh Elysium Fire
  • Kuil dan Totem RTX oleh Razzleberries

Minecraft RTX akan hadir sebagai pembaruan gratis akhir tahun ini untuk para pemain aktif di Windows 10. Pemain harus mendaftar terlebih dahulu untuk versi beta Minecraft Windows 10 RTX melalui Xbox Insider Hub. Beta Minecraft RTX mulai bisa diunduh secara gratis dari Minecraft Marketplace pada 16 April 2020. Pemain juga membutuhkan GPU GeForce RTX 2060 atau lebih tinggi dan NVIDIA Game Ready Driver yang terbaru.

Minecraft yang sudah di-render dengan real time ray tracing RTX terakselerasi dengan material berbasis fisik, dan NVIDIA DLSS 2.0 bisa dilihat di trailer gameplay terbaru dan melalui hasil screenshot yang dirilis oleh NVIDIA.