Seiring dengan ikut sertanya Esports sebagai cabang olahraga eksibisi di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX 2021 di Papua, diperkenalkan pula platform khusus bernama Garudaku. Platform khusus esports yamg bisa ditemui di alamat https://garudaku.com ini nantinya akan mengambil tempat pusat dalam ajang olahraga tersebut.

Pasalnya, setiap peserta yang ingin ikut andil di dalam eksibisi PON XX 2021 hanya bisa mendaftarkan diri melalui Garudaku. Platform ini juga akan digunakan oleh Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) untuk mengatur beragam jadwal pertandingan esports nasional.

Tampilan muka Garudaku

Ternyata Garudaku tidak hanya terbatas sebagai loket pendaftaran peserta eksibisi PON XX 2021 belaka, sebab fungsi lainnya cukup banyak. Apa saja sih yang bisa kamu temui di platform ini, dan apakah bisa membantumu menjadi gamer esports profesional?

Turnamen

Pada fitur ini, kamu bisa menemukan beragam event esports yang sedang dan akan diselenggarakan secara nasional. Mulai dari waktu penyelenggaraan, informasi hadiah, slot peserta yang tersedia, sampai pendaftaran secara online bisa ditemui di sini.

See also  Resmi! Inilah 16 Tim yang Akan Bertanding di Babak Final GPSL Season 0

Saat artikel ini ditulis, Garudaku merupakan satu-satunya cara untuk melakukan pendaftaran eksibisi esports di PON XX 2021. Jadi, kamu bisa pula menemukan halaman khusus mengenai jadwal dan informasi lain.

Jadwal pertandingan dan info eksibisi esports PON XX 2021

Satu hal yang cukup menarik adalah adanya penilaian berbentuk lima bintang di setiap jadwal pertandingan. Bila fitur ini adalah penilaian user mengenai pertandingan itu sendiri, misalnya kelayakan arena bertanding, kualitas panitia, dan sebagainya; maka peserta bisa lebih tenang ketika memilih event yang ingin diikutinya.

Lifestream

Pada fitur ini, Garudaku tampaknya akan memusatkan tayangan langsung dari beragam pertandingan esports. Bila benar demikian, maka penonton akan lebih mudah untuk menemukan tayangan stream, tanpa perlu repot mencarinya di platform video lain.

Berita

Fitur ini akan menayangkan beragam berita esports secara terpusat. Tampaknya kontennya nanti akan terhubung dengan komunitas esports yang harus kamu pilih ketika mendaftarkan diri ke Garudaku.

Liga

Pada fitur ini, tampaknya Garudaku akan mengumpulkan semua liga esports yang sedang berlangsung secara nasional. Prospeknya sendiri cukup baik, karena liga pertandingan akan memberikan aktivitas rutin untuk gamer esports, dan di saat bersamaan memberi pengalaman bertanding.

See also  Turnamen Esports GoPay Arena Level Up Community, Total Hadiah Rp50 Juta

Store

Garudaku tampaknya menyiapkan sendiri toko online yang berhubungan dengan esports. Melalui fitur ini, pengguna platform ini bisa dengan mudah menemukan beragam perangkat hingga merchandise.

Akademi

Seperti yang telah dijelaskan oleh PBESI ketika mengumumkan eksibisi esports PON XX 2021, atlit esports akan dibina melalui pelatihan supaya bisa bertanding di kancah internasional.

Adanya akademi tentu akan membuka jalan baru bagi gamer yang ingin terjun serius ke jalur profesional. Apalagi menjadi atlit esports tidak hanya mengandalkan skill individual belaka. Itu sebabnya fitur ini memiliki potensi yang cukup menarik.

Lowes

Fitur lowes merupakan singkatan dari lowongan kerja esports. Seperti yang sempat dijelaskan oleh PBESI, Garudaku akan membantu penggunanya untuk mencari pekerjaan di lapangan pekerjaan yang tergolong asing di telinga khalayak umum tanah air.

Fitur Sosial

Selain beragam fitur tersebut, kamu juga bisa menemukan fitur sosial di Garudaku. Tujuannya tentu saja untuk memudahkan gamer untuk berhubungan dan membina koneksi.

See also  Epic Games Pastikan Tidak Ada Fortnite Winter Royale 2021

Pada fitur ini ada fungsi untuk membuat tim esports. Hal ini tentunya sangat menarik, dan bisa memudahkan pendaftaran tim esports ketika ingin mendaftarkan diri di event kompetisi.

Fitur komunitas membantumu temukan kompetisi lokal

Ada pula fitur memilih komunitas esports. Saat artikel ini dibuat, komunitas yang ada dipimpin langsung oleh PBESI di semua propinsi. Akan tetapi ada pula pilihan untuk mendaftarkan komunitas baru.

Tampaknya komunitas tersebut akan digunakan untuk memilah berita esports per daerah, dan juga untuk menampilkan event kompetisi sesuai komunitas yang kamu pilih.

Nah, demikian semua fitur yang bisa kamu temui di platform esports nasional Garudaku. Keberadaan alat untuk memudahkan gamer esports untuk menemukan kompetisi tentunya akan sangat berguna.

Sayangnya saat artikel ini ditulis, Garudaku masih terbatas pada versi website saja. Besar harapan kami untuk adanya versi apps mobile di masa depan, supaya lebih memudahkan penggunanya. (*)