Melalui patch terbarunya, League of Legends berencana untuk matikan fungsi chat ke semua pemain saat antrian matchmaking.

Rencana ini dikemukakan oleh Riot Games guna mengatasi banyaknya keluhan pelecehan dari pemain, terutama yang berasal dari anggota tim lawan ketika antri untuk mendapatkan match.

Mulanya, fungsi sosial yang bisa digunakan dengan mengetik perintah /All di kolom chat ditujukan untuk interaksi sosial yang menyenangkan antara tim, dan juga untuk berkenalan.

Sayangnya, saat ini Riot justru mendapatkan banyak keluhan akan komentar negatif, komen toxic, dan interaksi sosial yang membuat tidak nyaman.

Oleh sebab itu, melalui patch 11.21 yang akan dirilis pada 20 Oktober kelak, fungsi chat tersebut akan dimatikan dan pihak Riot akan mengamati efeknya pada pemain.

Nantinya, langkah ini akan dijadikan keputusan untuk mengembalikan fungsinya, mematikannya permanen, menghidupkan atau mematikannya pada beberapa wilayah saja, atau menerapkannya pada antrian tertentu.

Apakah keputusan ini akan berdampak pada interaksi sosial yang lebih positif masih harus dilihat lebih jauh; satu yang pasti, pemain perlu menumbuhkan kesadaran bahwa kesopanan di dalam ruang chat adalah keharusan.(*)

Sumber: PCGamesN