Pengurus Esports Indonesia Provinsi DKI Jakarta (ESI DKI) mengadakan turnamen perdananya, yaitu Jakarta Esports Series yang akan berlangsung mulai 24 Maret – 13 Juni 2021 secara online. Jakarta Esports Series sesi pertama ini akan mengusung tujuh jenis games yang sangat digemari masyarakat, yaitu PUBGM, Mobile Legends, Free Fire, Arena of Valor, PES, Tekken7, dan DOTA 2 yang masing-masing akan dilaksanakan secara bergiliran hingga bulan Juni 2021 dan ditutup dengan penyerahan hadiah kepada pemenang masing-masing permainan.

Sebagaimana visi ESI DKI untuk membangun sebuah ekosistem Esports yang akan membawa nama provinsi DKI Jakarta di kancah kompetisi tingkat nasional, maka melakukan kompetisi adalah salah satu cara untuk mewujudkan visi tersebut. Jakarta Esports Series tidak hanya akan menjadi sebuah turnamen yang dipersembahkan oleh ESI DKI kepada masyarakat yang antusiasme dengan turnamen Esports, namun sebuah cara untuk membangun ekosistem Esports yang salah satu elemen terbesarnya adalah atlet,” ujar Mayjen TNI (Purn.) Neno Hamriono, Ketua ESI DKI, pada konferensi pers virtual Jakarta Esports Series, 25 Maret 2021.

Seri pertama dari Jakarta Esports Series adalah PUBGM yang akan berlangsung pada 24 – 28 Maret 2021. Saat ini, babak kualifikasi pertama dari peserta yang telah terdaftar sedang berlangsung dan akan dilanjutkan dengan babak semifinal yang akan dijalankan sebanyak tiga putaran, dan selanjutnya babak grandfinal sebanyak lima putaran untuk menentukan para juara. “Kami sangat antusias dengan diadakannya Jakarta Esports Series ini karena dapat menjadi sebuah langkah awal untuk memperkenalkan nama ESI DKI kepada masyarakat Esports sekaligus memberikan edukasi bahwa turnamen-turnamen yang akan diselenggarakan oleh ESI DKI bukan hanya sekedar kompetisi, tetapi juga wadah untuk penjaringan bibit atlet Esports nasional,” papar Aldino, Ketua Bidang Kompetisi ESI DKI sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Jakarta Esports Series. Untuk hadiahnya, ESI DKI telah menyediakan Prize pool sebesar Rp 50.000.000 untuk tujuh seri permainan dan untuk seri PUBGM kali ini, ESI DKI menyediakan total hadiah Rp 8.000.000 untuk tiga pemenang.

Seluruh proses sejak babak kualifikasi sampai babak grandfinal akan dilaksanakan secara online, namun masyarakat dan terutama para pendukung tim yang bertanding, dapat menyaksikan babak semifinal dan babak grandfinal secara live streaming melalui kanal Youtube ESI DKI mulai tanggal 27 – 28 Maret 2021. Seluruh hasil turnamen juga dapat dilihat pada leaderboard yang akan diinformasikan melalui akun Instagram @esi_dki dan Facebook ESI DKI, serta melalui website https://jes.esidki.com/ .