Inilah 5 Event Cosplay Indonesia yang Wajib Anda Tahu!
Inilah 5 Event Cosplay Indonesia yang Wajib Anda Tahu!

Cosplay adalah sebuah perilaku berdandan, tindakan nyata untuk mengaktualisasi, mengubah sebuah karakter dalam sebuah cerita populer yang mempunyai komunitas penggemar tersendiri, menjadi sebuah wujud nyata.

Di Indonesia, demam cosplay ini juga sudah mulai mewabah, mulai dari cosplayer pemula hingga cosplayer profesional selalu tampil dalam berbagai acara komik dan Jejepangan yang diselenggarakan di beberapa kota besar di Indonesia.

Kegiatan yang menghidupkan tokoh-tokoh imajinasi ini telah meng-amplifikasi (memperkuat) kebudayaan anime & graphic novel, popular movie, dan game dalam satu dekade terakhir ini. Banyak sekali perusahaan-perusahaan besar di Indonesia.

Para cosplayer yang datang ke acara komik atau event cosplay indonesia, biasanya mendapat berbagai kemudahan, seperti tiket masuk gratis, ketika hadir dalam dandanan cosplay. Berbagai lomba berhadiah puluhan juta rupiah pun, bisa mereka menangkan apabila mereka tampil secara sempurna, baik dalam segi kostum, maupun penampilan.

Dengan rutin dan konsisten diselenggarakannya event cosplay Indonesia dalam setiap periode tertentu,  animo fans dan komunitas semakin tinggi dan Cosplay yang merupakan puncak dari acara event cosplay Indonesia ini selalu menjadi moment yang dinanti-nanti.

Setiap kompetisi terselenggara, jumlah cosplayer yang selalu bertambah sehingga membuat iklim kompetisi cosplay semakin panas. Fenomena ini menyebabkan Cosplayer professional sebuah alternatif profesi baru. Saking populernya, cosplay telah menjadi salah satu shortcut meningkatkan popularitas terutama untuk kaum hawa, dan kini menjadi seorang cosplayer bukan berarti harus mendesain dan merancang kostumnya sendiri.

Event Cosplay Indonesia adalah wadah buat para pecinta anime untuk memamerkan bakatnya. Salah satunya adalah bakat untuk menjadi cosplayer. Di era sekarang, menjadi otaku bukan lagi sesuatu yang dianggap sebelah mata.

 

Banyak sekali komunitas pecinta anime yang mendukung para otaku untuk menyalurkan hobinya itu. Jadi jangan ragu untuk mengeluarkan semua yang kamu miliki dalam Event Cosplay Indonesia yang diadakan setiap tahunnya.

Nah, berikut merupakan rekomendasi event cosplay Indonesia yang yang terpopuler yang diadakan setiap tahun diantaranya:

  1. Showtime.co.id

Portal yang menaungi para komunitas cosplay dan mengadakan event cosplay indonesia secara online dengan hadiah yang menggiurkan. Kalian juga dapat beriteraksi secara langsung dengan para cosplayer idola kalian. Tidak hanya itu pada portal ini terdapat juga berita – berita ter update tentang perkembangan cosplay di Indonesia.

  1. Gelar Jepang UI

Event Copslay Indonesia Gelar Jepang UI diadakan setiap tahun, Gelar Jepang Universitas Indonesia merupakan festival budaya Jepang yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Japanologi (Himaja) – FIB UI. Lokasi Event ini di Sekitaran Universitas Indonesia Depok.

  1. Ennichisai Festival

Event Cosplay Indonesia Selanjutnya adalah Ennichisai yang merupakan festival Seni dan Kuliner Jepang yang diadakan tiap tahun di kawasan Blok M, Jakarta sejak tahun 2010. Acara ini diselenggarakan oleh komunitas orang Jepang yang berada di Indonesia. Acara ini diadakan sebagai tanda terima kasih kepada masyarakat Indonesia melalui sebuah festival Jepang tahunan yang diadakan selama 2 hari. Acara yang didukung oleh Kedutaan Besar Jepang, Japan Foundation, JETRO dan JNTO ini selalu berhasil menarik massa yang tidak sedikit. Ennichisai dikenal juga dengan festival kebudayaan terbesar di Indonesia dengan jumlah pengunjung yang mencapai ribuan orang per tahunnya.

  1. AFA Indonesia

Event Cosplay Indonesia Selanjutnya AFA Indonesia perhelatan Jejepangan tahunan asal Singapura yang juga diselenggarakan di Indonesia sejak tahun 2012 lalu, dan sejumlah negara Asia lainnya. Perhelatan C3AFA adalah perhelatan akbar di mana para banyak para penggemar-penggemar anime di negara masing-masing saling bertemu, dan menikmati atraksi-atraksi yang tersedia, seperti meet and greet dengan bintang-bintang tamu di industri anime Jepang, hingga konser I Love Anisong yang diisi oleh para penyanyi-penyanyi lagu anime yang didatangkan langsung dari Jepang.

  1. Clash : Cosplay Indonesia

CLAS:H merupakan event cosplay Indonesia yang diselenggarakan di kota-kota regional tidak akan lagi diadakan. Namun, kompetisi ICGP akan diadakan di berbagai kota yang diselenggarakan oleh acara lokal bertema J Pop. Misi dari bentuk baru kerjasama dengan event-event lokal ini adalah untuk menyebarkan lebih jauh kesempatan para cosplayer di daerah lain di seluruh Indonesia untuk dapat mengambil bagian dalam komunitas cosplay dunia.