Hari natal tahun ini menjadi cobaan berat untuk server Nintendo, karena layanan online tersebut dilaporkan mengalami error karena terlalu banyaknya pengguna yang mengaksesnya.

Untungnya masalah tersebut tidak berlangsung terlalu lama, karena pihak Nintendo berhasil menghidupkan kembali servernya guna melayani pengguna baru dan lama Nintendo Switch.

Peringatan mengenai akan adanya masalah server tersebut sebenarnya telah dikemukakan oleh Nintendo beberapa minggu sebelumnya, karena hal serupa juga terjadi pada tahun lalu di hari yang sama.

Itu pula sebabnya Nintendo telah memberikan anjuran untuk melakukan pembelian game jauh hari, supaya tidak terkena masalah tersebut.

Bukan hanya pengguna Nintendo Switch saja yang terkena dampaknya, pengguna console lawas Nintendo Wii U dan Nintendo 3DS juga turut merasakan kesulitan tersebut.

Akibatnya, pengguna baru yang baru saja mendapatkan hadiah console tersebut dan ingin berbelanja game baru di eShop atau me-redeem gift card harus bersabar sampai akhirnya server kembali beroperasi.

Seharusnya Nintendo sudah bisa menyiapkan diri untuk memperkuat servernya, terutama dengan kesuksesan tanpa akhir console tersebut yang tentu saja membuat penggunanya semakin membludak.(*)

Sumber: IGN