Home News Gelora.id dan Asosiasi Video Game Indonesia Menjalin Kerjasama Hadirkan Solusi Hiburan Selama...

Gelora.id dan Asosiasi Video Game Indonesia Menjalin Kerjasama Hadirkan Solusi Hiburan Selama Masa PSBB

Tren olahraga virtual atau esports semakin digemari masyarakat Indonesia, terutama kalangan millennial. Apalagi dengan dibatasinya kegiatan publik melalui Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Jakarta yang berlaku sejak 10 April 2020,  para pekerja millenial yang kerja dari rumah membutuhkan media interaksi bersama teman-teman secara virtual.

Oleh karena itu, Gelora.id, website penyelenggara aktivitas olahraga, dan Asosiasi Video Game Indonesia (AVGI) menggandeng Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kemkominfo) selama setahun kedepan untuk menjalin kerjasama dalam penyelenggaraan aktivitas esports. Diharapkan dengan bertambahnya kegiatan virtual yang dapat dinikmati oleh penggiat olahraga esports, dapat membantu pemerintah untuk menghambat penyebaran virus covid-19.

CEO Gelora.id – Dibyanta Satari mengungkapkan bahwa esports memang memiliki pasar tersendiri yang terus menunjukkan potensi untuk berkembang di Indonesia, tidak jarang penggemarnya adalah pekerja kantoran yang kini harus bekerja dari rumah. “Sebelum diterapkannya social distancing akibat wabah covid-19, olahraga esports memang sudah mempunyai peminat yang sangat besar dilihat dari terus meningkatnya pemain mobile game seperti Mobile Legends Bang Bang dan PUBG Mobile. Setelah gerakan #kerjadarirumah diterapkan, seringkali para pekerja merasa jenuh dan sulit beradaptasi sedangkan manajemen kantor yang biasa menyelenggarakan kegiatan di kantor masih sulit beradaptasi dengan ritme kerja yang baru ini. Kami ingin memberikan solusi supaya para pekerja tidak jenuh.”

Untuk memberikan pengalaman yang lebih seru kepada para pekerja kantoran yang juga penggiat olahraga esports, kegiatan pertama dalam kolaborasi ini akan menghadirkan turnamen Mobile Legends Bang Bang dengan tajuk #warfromhome pada tanggal 25 – 26 april 2020. Dalam kegiatan yang menyasar pekerja dan juga jurnalis ini, pemain dapat bertanding dengan teman-teman sekantornya ataupun kantor lain dengan mendaftarkan lebih dari satu tim sebagai perwakilan.

Lebih lanjut Dibyanta mengungkapkan olahraga esports ini memang memiliki keistimewaan jika dibandingkan dengan jenis olahraga fisik. Namun, yang sering menjadi kendala adalah tingkat keahlian dalam bermain terkadang sulit untuk dihindari dalam olahraga esports, sehingga menyebabkan permainan yang berat sebelah. Kerjasama antara Gelora.id, AVGI dan Kemkominfo ini menjadi solusi karena konsepnya yang Fun & Competitive.

“Kompetisi esports yang kami selenggarakan bisa menjadi solusi dari masalah tingkat keahlian ini karena kedepannya kami akan mengembangkan teknologi yang mempertemukan pemain dengan pemain lain dengan tingkat keahlian yang sama. Keseluruhan rangkaian event #warfromhome ini juga akan diselenggarakan secara online dengan menggunakan website Gelora.id sebagai platform untuk pendaftaran peserta sehingga calon peserta tidak harus bertemu secara langsung dengan penyelenggara” jelas Dibyanta.

Kolaborasi antara Gelora.id dengan Asosiasi Video Game Indonesia dan Kementerian Kominfo

Melalui kolaborasi ini, Gelora.id juga memberikan e voucher yang disediakan untuk peserta acara olahraga esport yang diselenggarakan selama masa kerjasama dengan AVGI. Anggota atau member AVGI pun juga memperoleh e voucher potongan harga untuk melakukan reservasi lapangan olahraga yang tersedia di platform gelora.id tersebut.

Menanggapi kolaborasi ini, Sekretaris Jenderal AVGI – Angki Trijaka mengungkapkan apresiasinya. “Olahraga esports atau elektronik berdasarkan data internal kami… dengan potensi yang menjanjikan. Tujuan AVGI berdiri sendiri adalah untuk…  “

Kementerian Kominfo juga mendukung acara olahraga esports ini, XX Sekjen Kemkominfo mengungkapan bahwa berkompetisi pun bisa digunakan para gamer untuk tetap produktif di rumah. “Kami berharap melalui kolaborasi ini para pekerja yang di rumah terhibur selama masa PSBB” ungkap XX.

Gelora.id dan AVGI akan menyelenggarakan rangkaian aktivitas olahraga esports secara virtual selama periode satu tahun kedepan. Acara yang pertama akan diadakan pada tanggal 25 – 26 April 2020 dengan judul “#WarFromHome Mobile Legends Bang Bang Tournament”. Event ini ditujukan untuk 64 tim dari kalangan pekerja kantoran dan jurnalis yang bukan pemain esports profesional. Pendaftaran untuk kompetisi ini telah dibuka dan informasi nya dapat ditemukan melalui website dan instagram Gelora.id dan AVGI.