Steam secara resmi meluncurkan daftar Best Seller untuk tahun 2021 dengan campuran judul lama seperti GTA 5 dan game baru seperti New World mendominasi tahun ini.

Saat 2021 hampir berakhir dan dunia game bersiap untuk memasuki 2022 yang penuh sesak, banyak pasar terbesar industri game telah mulai merilis daftar terlaris mereka selama setahun terakhir. Nintendo mendominasi daftar penjual terbaik Amazon dengan mengklaim 19 dari 20 tempat teratas untuk pasar besar dan banyak lagi daftar pasti akan tiba dalam beberapa hari mendatang saat perusahaan menyelesaikan 2021 mereka. Steam baru-baru ini bergabung dengan perayaan akhir tahun dengan yang terbaik daftar penjualan yang menampilkan berbagai macam kategori merayakan yang terbaik dan tercerdas tahun ini.

Steam melihat sejumlah besar judul yang sangat dinanti-nantikan menghantam platform sepanjang tahun 2021, dengan Halo Infinite akhirnya dirilis menjelang akhir tahun dan Resident Evil Village datang sebagai lanjutan dari Resident Evil 7: Biohazard yang sangat sukses. Steam melihat banyak judul besar naik sepanjang tahun juga dengan game seperti Skul dan GTFO melihat popularitas besar setelah menjalankan tugas sukses mereka di program Akses Awal pasar. Sekarang, Steam telah merilis produk terlaris mereka tahun ini, menghormati game lama dan baru.

Daftar buku terlaris akhir tahun Steam membagi gimnya menjadi enam kategori berbeda dengan gim yang menerima penghargaan sebagai penjual terbaik tahun ini, kategori gim yang paling banyak dimainkan di platform, dan gim penghargaan yang telah lulus dari program Akses Awal. Setiap kategori dibagi menjadi empat tingkatan yang berbeda mulai dari tingkat penjualan tertinggi di Platinum hingga Perunggu. Daftar Penjual Teratas didominasi oleh banyak bintang game terbesar dengan nama seperti Dead by Daylight, New World, dan Destiny 2, antara lain duduk di tingkat Platinum.

Kategori Rilis Baru didominasi oleh banyak wajah yang tidak mengejutkan dengan game seperti New World dan Back 4 Blood menduduki peringkat teratas dalam kategori Platinum setelah peluncuran mereka yang dipublikasikan di awal tahun. Grand Theft Auto 5 juga terus tidak menunjukkan tanda-tanda penuaan tahun ini, dengan game tersebut masih mendominasi tangga lagu Steam hampir tujuh tahun setelah game shooter open-world yang populer datang ke platform.

Steam membuat gelombang di komunitas game awal tahun ini ketika pasar besar secara resmi mengumumkan Steam Deck, perangkat genggam yang mirip dengan Nintendo Switch yang akan memberi pemain akses ke perpustakaan besar game Steam saat bepergian. Sementara perangkat telah tertunda beberapa kali sepanjang tahun, desainer Valve Greg Coomer melaporkan awal bulan ini bahwa konsol berada di jalur untuk tanggal rilis Februari.

 

(Sumber: GameRant)