Bila kamu sudah mengunduh update 19.00 terbaru Fortnite, tentu kamu menyadari bahwa ukurannya begitu besar; ternyata semua itu karena game battle royale ini bermigrasi ke engine baru yaitu Unreal Engine 5.

Sebelumnya, Fortnite menggunakan Unreal Engine 4 yang lazim digunakan oleh game lain, dan Epic Games menjanjikan game ini akan berpindah menggunakan engine tersebut bersamaan dengan rilis Unreal Engine 5 pada 2020 lalu.

Namun rencana untuk mengaplikasikannya mundur hingga sekarang, yang rencananya akan dilaksanakan pada pertengahan 2021 lalu.

Bagi yang belum mengetahui apa fungsi engine di dalam game, hal ini merupakan dasar dari game itu sendiri; mulai dari pembentuk dunia game, bagaimana semua bergerak di dalam game, beragam aturan seperti ukuran ledakan dan bagaimana mobil bergerak, bahkan sampai tampilannya, semua diatur oleh engine game; singkatnya, engine game adalah dunia game.

Itu sebabnya penggunaan Unreal Engine 5 di Fortnite akan mengubah game ini menjadi lebih indah, pergerakan karakter di dalam game menjadi lebih natural, dan juga efek canggih seperti hancurnya bangunan dan pohon tumbang, serta adanya efek cuaca seperti tornado seperti di Battlefield 2042.

Selain upgrade engine, Fortnite juga memberikan beberapa konten baru di dalam update yang juga membawa mulainya Chapter 3 Season 1 tersebut, seperti hadirnya Spider-Man, peta baru, bangunan baru, dan juga senjata baru.(*)

Sumber: PCGamesN