Final Dunia Summoners War World Arena Championship 2021 (SWC2021) adalah sebuah turnamen esports global yang diadakan oleh perusahaan game mobile Com2uS (CEO Jaejoon Song dan Joohwan Lee) dan dipersembahkan oleh Google Play. Turnamen ini mendapatkan antusiasme yang begitu besar dari fans di seluruh dunia dan berakhir dengan sukses.

Final Dunia SWC2021 diadakan pada tanggal 13 November dan disaksikan oleh fans esports di seluruh dunia. DILIGENT dari Australia yang merupakan salah satu peserta terkuat di tahun ini berhasil keluar sebagai juara dunia.

SWC2021 diadakan secara online dan disiarkan melalui live streaming dalam 15 bahasa berbeda melalui YouTube, Twitch, Afreeca TV, dan berbagai channel online lainnya agar fans dapat menonton semua pertandingan dengan mudah.

Live streaming Final Dunia meraih 1,62 juta view pada saat live streaming berlangsung dan jumlah penonton yang menonton di saat yang bersamaan tercatat lebih dari 255.000, lebih tinggi dari tahun sebelumnya. Selain itu, video live streaming kembali mencetak rekor baru dengan meraih 2,65 juta view hanya dalam waktu satu hari setelah turnamen berakhir, hal ini membuktikan popularitas SWC2021 sebagai perwakilan turnamen esports mobile global.

Sebelum pertandingan utama dimulai, pertandingan 2vs2 antara pemain-pemain terbaik dari tiap wilayah juga diadakan untuk memeriahkan suasana.

Final Dunia adalah sebuah turnamen eliminasi tunggal dengan delapan orang peserta yang dipilih dari masing-masing piala regional – BIGV dan MADREAMDY dari Kanada, DILIGENT dari Australia, SECONDBABY dan JACK- dari Korea, TARS dari Tiongkok, PINKROID~ dari Belanda, dan ISMOO dari Jerman. Di SWC dengan jumlah partisipan terbanyak ini pendatang baru lebih menonjol dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Permainan para pendatang baru yang tidak bisa ditebak dan perlawanan dari pemain lama berhasil menarik antusiasme yang sangat besar.

Pertama, PINKROID dari Belanda yang menjadi juara Europe Cup dan BIGV dari Kanada yang mengikuti SWC untuk pertama kali dan menjadi juara Americas Cup berhasil mengalahkan SECONDBABY dan JACK- dari Korea. Di babak semifinal, PINKROID~ bertanding melawan BIGV dan berhasil maju ke babak final dengan drafting yang baik. DILIGENT, satu-satunya pemain veteran di Final Dunia tahun ini memperlihatkan permainan yang matang di babak semifinal ketika melawan TARS dari Tiongkok yang menarik perhatian banyak orang sebagai kuda hitam dan berhasil maju ke babak final.

DILIGENT bertemu dengan PINKROID~ di babak final. Di pertandingan terakhir untuk menentukan juara dunia ini, keduanya menggunakan strategi pick & ban yang sangat baik. Setelah kalah di set pertama, DILIGENT langsung membalas dengan merebut tiga set berikutnya menggunakan strategi yang matang dan permainan yang tenang untuk keluar sebagai pemenang. DILIGENT merupakan permain kuat yang berhasil maju ke Final Dunia SWC2019 dan meraih popularitas di antara para fans. Dia menjadi juara SWC setelah mengikutinya selama tiga tahun beruntun dan berhasil membawa pulang uang hadiah sebesar 100.000 USD serta gelar Juara Dunia SWC.

‘SWC’ telah diadakan selama lima tahun berturut-turut sejak pertama kali diadakan di tahun 2017 dan telah menerima perhatian serta antusiasme yang tinggi dari para fans di seluruh dunia setiap tahunnya. Sama seperti tahun lalu, tahun ini semua pertandingan juga diadakan secara online. Berkat antusiasme yang sangat tinggi ini, SWC berhasil kembali mencetak rekor baru dan membuktikan popularitasnya sebagai perwakilan turnamen esports global yang diikuti oleh seluruh dunia.

Info lebih lanjut update dan event terbaru dapat dilihat di Fanpage resmi (https://www.facebook.com/SummonersWarID)