Berita gembira untuk semua gamer esports di tanah air! Setelah esports sukses menjadi cabang olahraga di SEA Games, kini PON XX 2021 ikut andil.

Bukan saja berita gembira ini memberi semua gamer di Indonesia kesempatan untuk menjadi atlit, tetapi juga berpotensi mengangkat nama daerah asal atlit esports tersebut di kancah nasional.

Hadirnya esports ke dalam PON XX 2021 di Papua tersebut diumumkan melalui konferensi pers yang diadakan pada Rabu, 18 Agustus 2021. Pada kesempatan tersebut Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) Komisaris Jenderal Pol. Drs. Bambang Sunarwibowo S.H., M.Hum menyatakan ini adalah momen bersejarah; saat esports akhirnya masuk ke dalam rangkaian PON.

Selain harapan besar beliau untuk memberikan kesempatan bagi atlit esports bertanding dan membawa nama besar daerahnya, beliau juga memiliki harapan besar lain. Momen ini menjadi kesempatan untuk memantau, serta menemukan bibit atlit potensial yang saat ini tersebar di penjuru tanah air.

Sedangkan untuk cabang esports yang resmi dipertandingkan di eksibisi PON XX 2021 kelak adalah eFootball PES 2021, Mobile Legends, dan Free Fire. Bila Anda cukup hebat memainkan ketiga game tersebut, tidak ada salahnya untuk mencoba kemampuan Anda di sini!

Menurut PBESI, atlit esports yang berhasil menempati posisi terbaik di eksibisi PON XX 2021 akan dibina langsung oleh PBESI melalui pusat pelatihan Pelatnas, layaknya atlit nasional lain. Nantinya, mereka akan membela nama bangsa di kancah internasional.

Kesempatan ini juga digunakan oleh PBESI untuk memperkenalkan platform digital khusus untuk memajukan esports nasional, bernama Garudaku. Melalui platform ini, gamer bisa menemukan informasi pertandingan esports, pendaftaran, media sosial, bahkan sampai mencari pekerjaan.

Bukan hanya itu saja, Garudaku juga menjadi satu-satunya cara untuk mendaftarkan diri sebagai peserta eksibisi esports PON XX Papua 2021. Temukan platform ini di alamat https://garudaku.com/pon guna mendaftarkan dirimu.

Pendaftaran sudah dibuka mulai 18 Agustus 2021, dengan menyertakan informasi diri seperti KTP atau KIA serta diharuskan untuk mewakili daerah yang sesuai dengan alamat KTP. Nantinya tahap kualifikasi akan dimulai mulai 26 Agustus 2021 hingga 5 September 2021, jadi jangan sampai ketinggalan!