Console Steam Deck yang akan dirilis tidak lama lagi digadang bisa dimainkan antara 2 hingga 8 jam, sampai baterainya habis, dan hasil tes dari Youtuber yang mendapatkannya lebih cepat mulai bermunculan.

Beberapa pihak seperti GamersNexus dan The Phawx telah mencoba kekuatan baterai dari Steam Deck, dan hasilnya cukup masuk akal.

Ternyata semakin berat game yang dijalankan, dari sisi kebutuhan kekuatan grafis dan framerate, maka semakin boros pula baterai yang digunakan.

Pada game seperti Devil May Cry 5 dengan konfigurasi grafis tinggi, Vsync off, dan framerate tanpa batas, console tersebut hanya bertahan satu setengah jam saja, bahkan pada tingkat brightness 50 persen saja

Sedangkan bila konfigurasi game tersebut direndahkan, maka Devil May Cry 5 bisa berjalan selama dua jam penuh sampai akhirnya baterainya habis.

Lalu untuk game yang lebih ringan seperti game indie, dengan grafis tidak sekinclong game AAA, console tersebut bisa berjalan hingga enam jam.

See also  Siapkan Diri Kamu untuk Event realme 11.11 SALEbration, Temukan Perangkat Terbaik dari realme Mulai Rp 11.000 dan Diskon Hingga 50%

Sayangnya sampai sekarang masih belum ada game yang bisa berjalan hingga delapan jam seperti yang dijanjikan oleh pihak pembuat console.

Kesimpulannya, pemain Steam Deck harus jeli mengubah konfigurasi game sebelum bermain bila ingin mendapatkan baterai lama, terutama pada game triple A yang boros kekuatan grafis.(*)

Sumber: PC Gamer