Rangkaian event industri gim terbesar di Indonesia, Baparekraf Game Prime 2021 Online, yang dimulai dengan road to Baparekraf Game Prime 2021 hingga main event atau puncak acara Baparekraf Game Prime 2021 Online telah selesai dilangsungkan pada tanggal 2 hingga 8 Agustus 2021 kemarin.

Acara tahunan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia (AGI), dan GGWP.ID. Baparekraf Game Prime 2021 Online mengusung konsep pelaksanaan daring mengingat keadaan pandemi yang masih melanda.

Meskipun berlangsung secara daring, Baparekraf Game Prime 2021 Online yang mengusung tema #MainGameLokal menjalankan komitmennya dengan melangsungkan seluruh rangkaian acara yaitu Online Game Exhibition, Gameprime Show, Game Prime Award, Online Game Development Conference and Class, dan turnamen esports Free Fire Tournament yang akan mengundang tim profesional di Indonesia dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2021 Online. yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia.

Selama pelaksanaan, berbagai rangkaian acara hadir, disaksikan, serta diikuti oleh berbagai pelaku industri gim, mulai dari developer lokal Indonesia, hingga kalangan gamers yang menyukai esports.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisara dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Salahuddin Uno, mengapresiasi berlangsungnya acara Baparekraf Game Prime 2021 Online dan juga seluruh pihak yang meramaikan acara mulai dari developer game lokal, influencer yang mereview game, tim-tim peserta turnamen esports, hingga seluruh pihak yang mendukung berlangsungnya acara Baparekraf Game Prime 2021 Online.

“Pertama-tama dan utama, saya mengucapkan dan mengajak kita semua puji syukur ke hadirat Allah SWT hari ini tidak terasa kita sudah di penghujung acara Baparekraf Game Prime 2021. Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi dalam memeriahkan acara ini yaitu seluruh developer yang mengikuti online game exhibition, 10 tim invitation Free Fire, 2 tim pemenang kualifikasi road to Baparekraf Game Prime 2021, 40 game developer yang mengikuti online game exhibition yang telah melewati kurasi yang ketat dari total 100 game yang mendaftar.” tutur Sandiaga Salahuddin Uno, pada pembukaan acara Game Prime Awards 2021 yang menjadi puncak sekaligus penutup rangkaian Baparekraf Game Prime Awards 2021.

“Ini adalah bukti bahwa game terbaik buatan anak bangsa bisa kita tampilkan, terpilih dan dimainkan dan direview oleh influencer yang sudah terpilih. Gamers yang ingin membeli game sudah tidak sabar agar lebih tertarik membeli game buatan anak bangsa. Dan Baparekraf Game Prime Awards adalah sebuah ajang penghargaan kepada para developer yang berprestasi selama satu tahun terakhir ini.” lanjut Sandiaga Uno.

Sandiaga Uno juga menyampaikan harapannya agar gelaran Baparekraf Game Prime yang konsisten berlangsung setiap tahun bisa terus memajukan industri gim di Indonesia dan developer-developer di Indonesia bisa menunjukkan karya terbaik mereka.

“Ayo kita majukan industri game Indonesia dan hasilkan karya terbaik. Selamat kepada seluruh pemenang Baparekraf Game Prime Awards 2021. Ayo terus kontribusi dan hasilkan karya-karya menarik lainnya. Game buatan anak bangsa harus jadi tuan rumah di negeri sendiri. Semakin terkenal terkenal juga di luar negeri dan di dalam negeri.”

“Baparekraf Game Prime kita harapkan untuk menumbuhkan dari tahun ke tahun agar lebih baik untuk kontribusi dari industri game tanah air yang akan semakin berkembang.” tutupnya.

 

Program Beli Game Lokal

Gamer yang hendak membeli game lokal Indonesia,  masih dalam rangkaian pelaksanaan Baparekraf Game Prime 2021 Online sekaligus mendukung game lokal dan merayakan Hari Game Indonesia (HARGAI), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi kreatif me-launching program Beli Game Lokal.

Pelaksanaan program Beli Game Lokal ini merupakan kolaborasi antara Kemenparekraf bersama dengan eCommerce di Indonesia melalui pemberian insentif game-game lokal Indonesia dengan nilai diskon sampai dengan seratus ribu rupiah.

Ada 20 game lokal berbasis PC yang akan mendapat promosi di berbagai marketplace yaitu Bukalapak, JD.ID, Shopee, dan Tokopedia dari tanggal 2 Agustus 2021 sampai dengan 8 Agustus 2021.

 

Online Game Exhibition

Baparekraf Game Prime 2021 Online menghadirkan Online Game Exhibition yang menjadi wadah untuk menampilkan 40 game karya developer lokal Indonesia yang lolos kurasi di gameprime.org.

Dari 40 game yang hadir Online Game Exhibition, telah disaring menjadi 10 game terbaik, yang dimainkan oleh konten kreator pada tanggal 7-8 Agustus 2021 silam di kanal YouTube maupun Twitch dari masing-masing konten kreator.

 

Gim yang Di-review Konten Kreator dan Influencer

Konten kreator dan Influencer gim di Indonesia yaitu Danidjidat, Anaktua, Rizkymaingame, The Lazy Monday, dan Pokopow, memainkan dan juga melakukan review gim-gim karya developer lokal Indonesia pada tanggal 7 dan 8 Agustus 2021.

Gim-gim yang dimainkan dan diulas oleh para konten kreator dan influencer di kanal YouTube maupun Twitch masing-masing adalah Coffe Talk, Stellagale the trials of faith, Escape From Naraka, Samudra, Rage in Peace, Rendezvous, Rising Hell, When the past was around, Rocky Rampage, dan Epic Conquest 2.

 

Online Game Conference Development and Class

Online Game Conference Development and Class yang berlangsung pada tanggal 6 Agustus 2021 di kanal YouTube Asosiasi Game Indonesia memberikan berbagai informasi, insight, hingga berbagai pengalaman dari pembicara sebagai ilmu untuk mengembangkan industri game di Indonesia.

Ada sesi Conference yang berisi 5 sesi dengan topik menarik terkait pengembangan game di Indonesia, dan tentunya menghadirkan pembicara yang sudah berpengalaman yaitu Muhammad Neil El Himam (Baparekraf), Cipto Adiguno (AGI), Ricky Setiawan (GGWP.ID), Kriswin Yuniar (Tahoe Games), Aditia Dwiperdana (GameTalent.id), Darang S. Candra (Niko Partners), Danny Ardianto (Google), dan Soma Putra (Stairway Games).

Ada juga sesi Class yang membahas mengenai topik-topik untuk menumbuhkan minat dalam pengembangan game sebagai dasar atau langkah awal untuk terjun sebagai pengembang atau developer game.Sesi Class menghadirkan Muhammad Gyan (Gambir Studio), Daniel William (Arcadesindo), dan Guntur Sarwohadi (GaweGame) sebagai pembicara.

 

Baparekraf Game Prime 2021 Online Free Fire Esport Tournament

12 tim Free Fire yang terdiri dari 10 tim profesional dan 2 tim terbaik dari Road to Baparekraf Game Prime 2021 Online bertanding memperebutkan total hadiah puluhan juta rupiah pada tanggal 7-8 Agustus 2021 di Baparekraf Game Prime 2021 Online Free Fire Esport Tournament!

Seluruh tim yang akan bertanding adalah First Raider, Saudara Esports, Redbull Rebellion, EVOS Immortal, Onic Esports, The Pillars Esports, Rosugo Esports, Aura Esports, Dewa United Esports, Boom Esports, dan dua tim dari kualifikasi road to Baparekraf Game Prime 2021 Online yaitu Orion Elite dan LGK Esports.

Setelah melalui 2 hari pelaksanaan, akhirnya Rosugo Esports sukses meraih gelar juara di turnamen esports Baparekraf Game Prime 2021 Online Free Fire Esport Tournament.