Home ESPORTS Baparekraf Game Prime 2020 Online, Hadirkan Beragam Acara Bagi Gamer Dan Pengembang...

Baparekraf Game Prime 2020 Online, Hadirkan Beragam Acara Bagi Gamer Dan Pengembang Game

Event industri gim terbesar di Indonesia bertajuk Baparekraf Game Prime 2020 Online merupakan acara tahunan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia (AGI) serta GGWP.ID. Kegiatan ini sudah tahun ke-5 dengan tajuk BEKRAF Game Prime dan pada tahun ini berevolusi menjadi Baparekraf Game Prime.

Hadir dengan tajuk baru, event Baparekraf Game Prime 2020 Online juga akan mengusung konsep pelaksanaan yang baru, yaitu penonton bisa menyaksikan secara langsung melalui penayangan online.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi COVID-19 membatasi aktivitas kita di luar rumah. Namun, Baparekraf Game Prime tetap berkomitmen untuk menghadirkan kegiatan yang mendukung perkembangan dan pertumbuhan game tanah air. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan acara esports, gim, edukasi, hingga hiburan yang dapat dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat Indonesia secara online atau daring.

Konsep daring yang dibawa oleh Baparekraf Game Prime 2020 Online juga merupakan yang pertama di Indonesia dalam hal pameran dan eksibisi.

“Baparekraf Game Prime (BGP) bertujuan untuk meningkatkan kualitas developer gim Indonesia melalui pertukaran ilmu dengan developer dan pelaku industri gim internasional, serta meningkatkan exposure dari gim-gim lokal agar bisa diketahui lebih banyak oleh masyarakat luas,” tutur Joshua Puji Mulia Simanjuntak, Plt. Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif.

Setiap tahun kita berkomitmen untuk mengadakan Baparekraf Game Prime ini untuk memfasilitasi para teman-teman gim developer untuk berjejaring, untuk memperkenalkan gim mereka yang baru,” sambung Joshua Puji Mulia Simanjuntak lagi dalam acara konferensi pers Baparekraf Game Prime 2020.

“Dan kita memang mempunyai komitmen untuk mengakselerasi industri gim di tanah air. Teruslah berkarya, kami terus berkomitmen untuk membawa, mengembangkan gim Indonesia ini.” lanjut Joshua Puji Mulia Simanjuntak.

Yuana Rochma Astuti selaku Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif menambahkan harapan mengenai hasil dari dilaksanakannya Baparekraf Game Prime 2020. Beliau mengatakan dengan adanya Baparekraf Game Prime 2020 ini diharapkan industri game nasional akan maju dan memberi kontribusi lebih.

“Yang pasti pertama ini kita ingin memajukan industri game nasional. Kalau sudah maju, harapannya adalah kontribusinya kepada GDP naik. Sekarang sudah tinggi, akan tambah naik lagi. Nantinya setelah itu eksistensi game Indonesia mulai diperhitungkan baik di Indonesia maupun di Internasional terutama.” kata Yuana Rochma Astuti. Dengan adanya acara ini diharapkan gim buatan anak negeri dapat bersaing dengan gim internasional di pasar nasional maupun internasional.

Sementara keberadaan Baparekraf Game Prime 2020 bagi para pelaku industri gim di Indonesia menjadi ajang untuk menciptakan sejarah baru “Selama beberapa tahun terakhir Game Prime telah berkembang menjadi acara akbar bagi pemain gim di Indonesia. Tidak hanya anak muda, Game Prime juga menjangkau orang tua dan anak-anak dan tidak lagi sekadar ‘mainan anak kecil atau anak muda.’ AGI berharap Game Prime dapat memperkenalkan gim ke masyarakat luas, mengedukasi baik-buruknya pada orangtua dan anak, dan berbagi keseruan digital yang di saat pandemi ini menjadi jalan keluar masyarakat yang terkurung di rumah masing-masing,” kata Cipto Adiguno Sekalu Ketua Umum AGI.

Baparekraf Game Prime 2020 Online akan berlangsung selama lima hari, yaitu mulai tanggal 1 hingga 5 Agustus 2020 mendatang, dan siap menghadirkan banyak acara menghibur mulai dari yang bertema gim dan esports, hingga edukasi!

Dukungan Developer Lokal Pada Indie Game Exhibition

Banyak gim yang sudah dikembangkan oleh developer gim di Indonesia, namun masih banyak gamer maupun masyarakat umum yang tidak memainkan atau bahkan tidak mengetahuinya. Setidaknya ada 30 gim karya developer lokal yang dipamerkan di Baparekraf Game Prime 2020 Online melalui sesi online exhibition di gameprime.org. Seluruh gim mengusung tema unik dan tentunya mencerminkan kreativitas dari industri gim yang sangat beragam serta terus berkembang dari masa ke masa.

Nantinya, 10 studio terpilih di Baparekraf Game Prime 2020 ini akan diulas oleh Republik Sultan dan Milokuma. Tentunya, Republik Sultan dan Milokuma akan langsung memainkan serta memberikan pendapat tentang gim yang dimainkan!

Bagi para pengembang gim, atau yang ingin tertarik terjun ke dunia pengembangan gim, Masterclass dan webinar yang diadakan Baparekraf Game Prime 2020 Online bisa menjadi satu bagian yang wajib untuk diikuti.

Sesi Webinar dan Masterclass akan berlangsung pada tanggal 2 Agustus 2020 dan akan ditayangkan di YouTube Asosiasi Game Indonesia.

Akan ada berbagai topik yang hadir seperti bagaimana membuat gim yang diawali dari coretan ringan, bagaimana membuat desain karakter gim, hingga cara meningkatkan karir ketika berkecimpung di pengembangan gim.

Menjadi developer gim merupakan salah satu hal yang menjanjikan di masa depan. Oleh karena itu pengembangan ilmu, jejaring, dan tentunya kreativitas di berbagai aspek untuk pengembangan gim diperlukan.

Sebagai salah satu elemen dan juga pelaku di industri kreatif, keberadaan para publik figur, influencer, hingga caster yang biasanya selalu menemani pertandingan esports, juga mengambil bagian dengan bermain gim ini sambil membawa keunikannya masing-masing.

Mereka akan seru-seruan bareng dengan memainkan Werewolf mewakili board game, yang menjadi salah satu gim kreatif yang terus berkembang, dan Tebak gambar secara online.

Satu hal yang menunjukkan bahwa gamer juga peduli dengan pandemi saat ini, bekerja sama dengan KitaBisa, Baparekraf Game Prime menggalang gerakan #GamersPeduli. Melalui gerakan ini, siapa saja bisa memberikan donasi untuk mendukung garda depan serta korban dari pandemi COVID-19.

Untuk seluruh orang yang berdonasi melalui gerakan #GamersPeduli ini, akan ada apresiasi berupa satu unit console Nintendo Switch, PS4 Pro, dan kursi gaming untuk donatur yang beruntung.